Ekonomi

Gubri Ingatkan 7 Kabupaten Segera Salurkan BLT dari Pemprov

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri) kembali mengingatkan agar 7 kabupaten di wilayah setempat dapat segera menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang telah dikucurkan oleh pemerintah provinsi (Pemprov).

Pasalnya, hingga saat ini baru ada sebanyak 5 daerah di wilayah setempat yang tercatat telah menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat terdampak covid-19, yakni Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Kabupaten Kuantan Singingi, Indragiri Hulu dan Kabupaten Rokan Hulu.

Sementara 7 kabupaten lain, yakni Siak, Kampar, Pelalawan, Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti, dan Bengkalis, hingga saat ini masih belum menyalurkan bantuan tersebut. Padahal, Pemprov Riau sudah mengirimkan dana ke masing-masing Rekening Kas Daerah (RKD).

"Itu (penyaluran BLT) sudah kita diingatkan, DPRD juga mengingatkan agar dana ini bisa dimanfaatkan oleh warga. Sehingga, nanti tentunya ini bisa dimanfaatkan untuk membantu perekonomian masyarakat," kata Gubri, Rabu (6/8/2020) di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Dahrius Husin mengatakan, keterlambatan penyaluran BLT ini lantaran 7 kabupaten tersebut kembali melakukan verifikasi untuk memvalidasi data penerima bantuan. 

Harusnya, kata dia, verifikasi data seyogyanya dilakukan sebelum mengajukan usulan penerima bantuan."Kalau sudah mau menyalurkan baru melakukan verifikasi lagi, tentunya hal itu memerlukan waktu,"ujar Dahrius. 

"Seharusnya begitu dana diterima, tinggal menyalurkan saja. Verifikasi kan seharusnya sebelum usulan," tambahnya.

Namun demikian, Dahrius mengungkapkan bahwa untuk penyaluran BLT tersebut secara aturan masing-masing kabupaten masih diperkenankan untuk menyalurkan bantuan hingga akhir tahun ini.