Lingkungan

Tanam Ribuan Pohon, DLH Rohil Akan Fungsikan Aset Daerah

ROKAN HILIR, RIAULINK.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil melakukan penanaman pohon pelindung jalan disepanjang Muara Pesisir Sungai Rokan, tepatnya disekitar Kawasan Perkantoran Batu Enam, Rohil. Adapun jenis pohon yang ditanam yakni kayu Ketapang.
“Alhamdulillah kita sudah tanamkan pohon Ketapang sebanyak seribu pohon,” kata Kadis LH Suwandi S.Sos, saat ditemui wartawan di lokasi penanaman, Selasa (04/08/2020).

Selanjutnya kata Suwandi pihaknya akan mengfungsikan kembali aset Pemkab Rohil berupa bangunan Kafe kapal Batu, yang terletak di Pinggiran Sungai Rokan, Batu Enam, selama ini terkesan dibiarkan begitu saja alias tidak difungsikan

“Kita akan fungsikan kembali cafe kapal yang terbengkalai , saat ini mungkin saja dijadikan tempat tidak baik oleh orang yang tidak bertanggungjawab,” katanya

Lanjut Suwandi, saat ini pihaknya sudah memasang meteran listrik dan sudah mulai menempatkan Penjaga Malam dibangunan Kafe Kapal Batu tersebut

“Nanti ada penjaga khusus cafe ini sekaligus mereka bisa berjualan dicafe ini sehingga cafe kapal ini kembali aktif ,”ujar Suwandi.

Nantinya cafe kapal ini, sambung Suwandi akan dibenah lebih cantik dan menarik sehingga tempat-tempat rekreasi semakin banyak dan ada tempat hiburan masyarakat.

“Kita sudah tanam bermacam-macam jenis bunga di sekitaran cafe kapal. Jika nantinya timbuh subur tentunya akan ada pemandangan yang bagus,”ucapnya.

Untuk akses jalan yang selama ini jadi kendala masuk ke cafe kapal, DLH akan menimbun terlebih dahulu menggunakan tanah merah agar tinggi dan selanjutnya di semenisasi.

“Kalau tak ditimbun, pas air pasang naik, jalannya tenggelam makanya ditimbun dulu agar tinggi. Insyallah sebulan lagi sudah berfungsi,”kata Suwandi.

Pantauan media ini dilapangan, terlihat sebuah alat berat (Eskavator) sedang melakukan aktivitas meratakan tanah timbun menuju jalan masuk Kafe tersebut. Dgt