Peristiwa

Kain Ayunan Terbakar, Bayi 9 Bulan di Rohil Alami Luka Bakar

ROKANHILIR, RIAULINK.COM - Seorang bayi di Pujud inisial MAS yang masih berusia 9 bulan 28 hari ini alami luka bakar dibagian punggungnya.

Bayi malang buah hati dari pasangan Umar Yusuf Sagala (30) dan Septi (29) yang tinggal di Dusun Bagan Baru, Kepenghuluan Kasang Bangsawan, Kecamatan Pujud ini menderita luka bakar setelah kain sarung ayunannya dilalap api. 

Kapolres Rokan Hilir, AKBP Nurhadi Ismanto SH Sik melalui Kapolsek Pujud, AKP Nur Rahim Sik,Selasa (04/08/2020) menjelaskan  bahwa peristiwa tragis itu terjadi pada hari Sabtu (1/8) lalu saat keluarga kecil itu berada di kebun karet milik H Kiman yang terletak di Dusun Bagan Baru, Kepenghuluan Kasang Bangsawan Kecamatan Pujud.  

Dijelaskan Kapolsek, pada Sabtu (1/8) sekira pukul 07.00 wib ayah dan ibu korban berangkat bekerja menuju kebun karet milik H Kiman dengan membawa kedua anaknya, yakni masing-masing abang korban Abdullah Sagala dan korban untuk menderes pohon karet seperti hari biasanya.

Dan sekira pukul 16.00 wib ayah korban melihat korban mengantuk sehingga ayah korban memasangkan ayunan dengan kain sarung yang sudah dibawa sebelumnya dengan diikatkan di batang pohon karet.

Setelah itu, ayah korban menghidupkan api unggun kecil yang jaraknya sekira setengah meter dari ayunan korban dengan tujuan untuk mengusir nyamuk ataupun agas.

Sebelum melanjutkan menderes, selanjutnya sang ayah meminta kepada abang korban untuk menjaga korban yang sedang tidur. Setelah dipahami oleh abang korban selanjutnya ayahny kembali membantu ibu korban melanjutkan menderes pohon karet tersebut.

Namun beberapa jam kemudian, tepatnya sekira pukul 17.30 wib ayah korban dan ibu korban melihat abang korban berlari mendekati ayah dan ibu korban dengan menangis sambil berteriak "MAK TENGOK ADEK...TENGOK ADEK".

Mendengar perkataan itu, kemudian ayah dan ibu korban berlari mendekati korban yang jaraknya sekira 50 meter dari tempat ayah dan ibu korban menderes. Dan sesampainya di tempat ayunan korban tersebut ayah dan ibu korban mendapati korban dalam keadaan telungkup dan melihat badan bagian belakang korban sudah mengalami luka bakar.

Sementara kain sarung yang digunakan korban sebelumnya sudah habis terbakar. Lalu ayah korban menanyakan hal tersebut kepada korban dan abang korban mengatakan bahwa dirinya sempat mengasapi adiknya dari bawah menggunakan bara kayu dengan tujuan untuk mengusir nyamuk maupun agas.

"Awalnya korban dibawa oleh kedua orang tuanya ke Puskesmas Pujud. Namun, karena luka yang dialami korban lumayan parah, maka selanjutnya korban dirujuk ke Rumah Sakit Cahaya Ujung Tanjung," terang pria yang biasa disapa Baim ini.(dgt)