Sosial

KKN Pulang Kampung, Mahasiswa UNDIP Sosialisasikan Konsep 5R ke Warga Air Dingin

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Saat ini, mahasiswa/i UNDIP sedang melaksanakan “KKN Pulang Kampung” yang dilaksanakan di daerah tempat tinggal masing-masing dimulai sejak tanggal 5 Juli hingga 15 Agustus 2020.

 Tema yang diangkat pada KKN saat ini yaitu “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs)”.

 Dengan latar belakang kondisi saat ini khususnya di Indonesia yang masih belum mengalami penurunan kasus COVID-19. Mulai dari rumah maupun ketika berpergian diperlukan pemahaman untuk senantiasa melakukan segala sesuatu sesuai protokol kesehatan agar terhindar dari virus maupun resiko penyakit yang sedang mewabah disekitar kita. 

Mahasiswa TIM II KKN UNDIP, Anta Pratama Ginting yang merupakan mahasiswa teknik industri melakukan sosialisasi secara individu dari rumah ke rumah mengenai gerakan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin)  untuk menciptakan lingkungan bersih di sekitar rumah di Kelurahan Air Dingin. 

Salah satu alasan yang melatarbelakangi terbentuknya kegiatan tersebut adalah karena untuk saat ini seringnya bapak maupun ibu yang bekerja dari rumah serta anak yang melakukan kegiatan persekolahan maupun perkuliahan yang dilakukan dari rumah atau yang biasa disebut dengan daring sehingga diperlukan suasana yang rapi dan tertata sehingga membuat lebih nyaman dan produktif di rumah.

Sosialisasi berupa penjelasan yang dilakukan disertai dengan pemberian booklet mengenai informasi lengkap tentang gerakan 5R dan cara melakukan kegiatan 5R di rumah.

Kegiatan ini juga disambut antusias oleh warga untuk senantiasa melakukan kebersihan dirumah maupun ingin menerapkan gerakan 5R dirumah demi terciptanya lingkungan bersih. Selain itu juga diselingi dengan melakukan pembagian masker kepada warga ketika melakukan sosialisasi tersebut. 

Setelah sosialisasi rumah kerumah diadakan,  Warga juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa UNDIP karena sudah berinisiatif melakukan kegiatan ini. Salah satu warga yang telah mendengarkan penjelasan yang diberikan mengatakan “Gerakan ini sangat bagus dan dapat diterapkan di lingkungan rumah khususnya sekarang sudah WFH jadi sangat baik jika warga sekitar dapat menerapkannya.”

 Harapan untuk kedepan nanti masyarakat Kelurahan Air Dingin bisa turut mempraktekkan gerakan 5R untuk menciptakan lingkungan kondusif dan tertata secara berkelanjutan dengan mengikuti panduan booklet 5R yang telah diberikan juga .