Sosial

Kukerta UNRI Bersama Kelurahan Tangkerang Utara Taja Pelatihan Tenun Siak

SIAK, RIAULINK.COM - Tim kukerta UNRI bersama pihak Kelurahan tangkerang utara  melaksanakan kegiatan Pelatihan Tenunan Siak. Rencana Kegiatan pelatihan  akan dilakukan selama 5 hari kedepan. 

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Camat Bukit Raya dan Lurah Tangkerang Utara sekaligus peresmian pelatihan tenunan siak.

Tenun Siak merupakan tenunan yang dibuat (ditenun) dengan menggunakan benang katun atau benang sutera yang diberi motif benang emas dengan berbagai motif seperti pucuk rebung, siku keluang, tampuk manggis dan lain-lain.

Pelatihan tersebut bertujuan  melestarikan warisan budaya Kabupaten Siak. Karena tenun Siak adalah salah satu karya budaya yang diproduksi sejak zaman kerjaan Siak.

Kain tenun atau kain songket adalah mahkota seni yang bernilai tinggi. Teknik pembuatannya juga memerlukan tingkat kecermatan yang tinggi. Dalam pembuatan songket diperlukan ketekunan, keuletan, dan kesabaran. Jika dilakukan dengan terburu-buru maka hasilnya akan tidak maksimal. Maka wajar kain tenun siak memiliki harga yang cukup tinggi.