Lingkungan

Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, DPTPHP Inhil Lakukan Pemeriksaan

INHIL, RIAULINK.COM - Dinas Pangan, Tanaman Pangan, Hortilkultura dan Peternakan (DPTPHP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) lakukan Pengecekan Hewan Kurban yang ada di Kandan-Kandang Peternakan. 

Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan, Hortilkultura dan Peternakan Inhil, Fajar Husin melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Pengolahan dan Pemasaran Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Yuni Muslia, S.Pt menyebut bahwa pengecekan hewan kurban hari ini dilakukan di beberapa lokasi.

"Kami dari tim pengecekan hewan kurban yang turun dibagi dua kelompok, Hari ini kami Fokuskan pada Peternak hewan yang ada di Kecamatan tembilahan," sebutnya kepada Riaulink.com, Kamis (23/07/2020).

Lanjutnya, Yuni Muslia menjelaskan bahwa pengecekan yang dilakukan bertujuan untuk memastikan kesehatan hewan kurban sebelum di potong pada hari Hari Raya Idul Adha tahun 2020.

Pemeriksaan hewan kurban dilakukan sebanyak dua kali yakni sebelum dipotong dan sesudah dipotong.

"Pemeriksaan hewan sebelum dipotong (pemeriksaan ante mortem) guna mencegah penularan penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia (zoonosis)," Jelasnya.

Tambahnya, Pemeriksaan setelah proses penyembelihan (post mortem) juga tidak kalah penting, dimana petugas akan melakukan pemeriksaan terhadap jeroan, hati, paru-paru, limfa serta bagian lain yang penting untuk diperiksa.

"Jika ditemukan kelainan pada organ tersebut, maka produk tersebut tidak boleh dikonsumsi dan akan diafkir," Jelas Yuni.

Lebih lanjut, Yuni Muslia menyebut bahwa selain melakukan pengecekan, Tim yang turun juga melakukan perawatan terhadap hewan-hewan yang sakit.

"Jadi apabila ada ditemui hewan yang kurang sehat, akan suntik vitamin oleh dokter hewan yang turun kelapangan," ungkapnya.

Tambahnya, Yuni Muslia menyebut bahwa pengecekan hewan kurban tidak hanya di lakukan di kecamatan Tembilahan.

"Insya Allah, kita akan lakukan pengecekan hewan kurban di Semua kecamatan yang ada di Inhil," jelasnya.

Selain itu, Yuni Muslia menjelaskan bahwa Peran dokter hewan, paramedik dan petugas kesehatan hewan pada saat ini sangatlah penting, dengan adanya pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas akan memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat.

"Untuk memastikan kesehatan hewan kurban, pastikan hewan tersebut disertai dengan dokumen Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH)," Tegasnya. 

Sebagai Informasi, berikut Lokasi Pengecekan Hewan Kurban yang dilakukan Dinas Pangan, Tanaman Pangan, Hortilkultura dan Peternakan Inhil Hari ini : Jalan H. Sadri Lorong Tiung, kandang Peternakan Milik Jasmi, Jl. Mandala kandang Peternakan Milik bapak H. Nidin, Lokasi Ketiga, parit 16 Tembilahan ,serta di Lorong Nuri Tembilahan. (Jb).