Kesehatan

Satu Tenaga Medis Positif, RSUD Siak Tutup Layanan Poliklinik

SIAK, RIAULINK.COM - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Rafian Siak resmi menutup sementara operasional poliklinik setelah seorang tenaga kesehatan dinyatakan positif Corona (Covid-19), Rabu (22/7).

Tenaga medis inisial ZA (39) itu dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) swab di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru.

"Hasil swab baru keluar satu, yang lain masih menunggu. Semua perawat dan dokter yang kontak dengan ZA, dilakukan pemeriksaan swab. Karena itu poli penyakit dalam, paru, syaraf dan kelamin sementara ini kita tutup sampai hasil swab semua tenaga medis keluar," kata Direktur RSUD Tengku Rafian Siak, dr Benny Chaeruddin, Kamis (23/7/2020). 

Benny mengatakan, penyebab ZA terjangkit virus Corona masih ditelusuri. Namun, kata Benny, kuat dugaan tenaga medis itu tertular dari pasien positif Covid-19 yang tengah dirawat di rumah sakit itu.

"Saat ini ada 12 pasien positif Covid-19 tengah menjalani perawatan di rumah sakit. Besok, 5 pasien yang dititipkan di Asrama Haji Siak juga akan dibawa ke rumah sakit menjalani perawatan," kata Benny.

Karena itu, pihaknya tengah mempersiapkan segala sesuatunya dan memberdayakan tenaga medis yang ada.

"Karena sudah 17 orang yang dirawat, maka itu kita sedang mempersiapkan semuanya. Termasuk tenaga medis yang masih ada. Sebab, banyak petugas yang terpaksa diisolasi," kata Benny. (Wahyu/***)