Peristiwa

Sempat Nihil, Dumai Kembali Bertambah 1 Pasien Corona dari Tenaga Kesehatan

Ilustrasi. Int

DUMAI, RIAULINK.COM - Dumai kembali bertambah satu kasus positif terkonfirmasi Covid-19, pada Kamis (16/7/2020) setelah beberapa hari sempat nihil kasus mematikan tersebut.

Diketahui satu kasus tersebut berasal dari tenaga kesehatan saat mengikuti kegiatan pelatihan pengambilan swab atau polymerase chain reaction (PCR) yang ditaja oleh Dinas Kesehatan Kota Dumai pada Senin, 13 Juli 2020 lalu.

Dari puluhan orang yang mengikuti kegiatan tersebut, ternyata ada satu orang yang positif.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai, dr Syaiful mengungkapkan satu pasien baru tersebut berinisial HF berusia 28 dan merupakan bagian dari Tim Gugus Tugas Dumai.

"Swab yang dilakukan merupakan kelanjutan dari screening rapid diagnostic test (RDT) pada kegiatan workshop pengambilan swab dan pemeriksaan RDT Covid-19,"sebut dia kepada wartawan.

Ia menambahkan, pasien ke 28 bisa dikatakan pasien orang tanpa gejala (OTG). 

"Hingga saat ini gugus tugas sudah melakukan berbagai upaya untuk pencegahan dan deteksi dini,"ucapnya lagi.

Menurut dia dengan bertambahnya satu kasus lagi ditotalkan 28 orang pasien Corona yang sudah dirawat RSUD. Dengan rincian 27 sembuh dan satu masih isolasi di RSUD.

"Kita juga sudah melakukan tracking dan pengambilan swab kepada keluarga dan orang terdekat,"ucapnya.

Dengan adanya penambahan satu kasus, direncanakan Jumat, 17 Juli 2020 besok akan dilakukan tes PCR di kantor Gugus Tugas Dumai sebagai langkah dini.

"Kepada masyarakat Dumai, kita meminta untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan,"tukasnya.(kll)