Lingkungan

Terapkan Prokes, Satpol PP Dumai Patroli Sejumlah Tempat Keramaian

DUMAI, RIAULINK.COM - Satpol PP Kota Dumai melakukan patroli ke sejumlah tempat kerumunan atau keramaian di Kota Dumai dalam rangka penerapan protokol kesehatan.

Hal ini sesuai dengan arahan Wali Kota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah demi mencegah penularan Covid-19.

Kepala Satpol PP Kota Dumai, Bambang Wardoyo dalam pemaparan di sela patroli, Rabu (15/7/2020) tadi mengatakan ada beberapa titik yang akan dikunjunginya, mulai dari pasar tradisional, restoran atau rumah makan, objek pariwisata, warung internet beserta lokasi yang disinyalir memudahkan penyebaran virus mematikan tersebut.

Patroli ini melibatkan sejumlah pihak yakni, TNI, Polri dan unsur terkait. 

"Namun pada kenyataannya di lapangan, ternyata masih banyak masyarakat yang tidak ikuti protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah apalagi kita sudah menerapkan new normal. Padahal ini dilakukan untuk menekan angka penyeberan Covid-19,"ucap dia.

"Sebagaimana yang sudah kita kunjungi mulai dari objek wisata, rumah makan dan pasar tradisional masih banyak yang tidak menggunakan masker. Jika kedapatan langsung kita tegur dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Covid,"terang Bambang.

Sementara untuk di warung internet, pihaknya juga meminta para pengelola untuk tidak menerima anak-anak di usia yang masih sekolah.

"Jika kedapatan maka kami suruh pulang. Karena anak-anak belajar di rumah bukan di warnet,"tegas mantan Kepala Kantor Pelayanan Pasar Kota Dumai ini menjelaskan.

Begitu juga kepada pusat perbelanjaan, baik itu mall, ritel dan waralaba agar mengikuti jadwal buka tutup sesuai aturan Gugus Tugas Covid-19.

"Dan ini akan kita lakukan intens, agar tidak terjadi penambahan kasus lagi,"tukasnya.(Kll)