Peristiwa

Tertidur, Satu ABK Tewas dalam Kebakaran Kapal di Inhil

INHIL, RIAULINK.COM - Satu unit Kapal Layar Motor (KLM) terbakar di Pelabuhan Ali Mensong Jalan Yos Sudarso Kelurahan Tagaraja Kecamatan Kateman, Rabu (15/07/2020) sekitar pukul 02.09 WIB.

Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman melalui Kasubbag Humas, AKP Warno menyebut bahwa KLM yang terbakar tersebut adalah KLM Perintis Samudra, disaat semua Anak Buah Kapal (ABK) sedang tertidur.

"Karena merasa panas pada lantai ruangan, Sandi, Nego dan Rizky yang sedang tertidur langsung terbangun dan melihat api sudah membesar dari ruang mesin kapal, Sedangkan ABK lainnya Junaidi (42), sedang tidur di kamar bagian bawah ruang Kapten," sebutnya.

Lanjutnya, AKP Warno menjelaskan bahwa ABK kapal (Sandi, Nego dan Rizky)
tersebut pun langsung keluar dari dek kapal. Sesampainya diluar mereka menyadari bahwa Junaidi (42) masih berada di dalam dek kapal tepatnya di kamar tidur yang sudah terkepung api.

"Sandi, Nego dan Rizky berteriak meminta pertolongan kepada ABK kapal yang bergandengan dengan Kapal Perintis Samudra. Saat datang bantuan kemudian barulah beramai-ramai berusaha membuka papan dek bagian depan kapal tersebut untuk dapat masuk dan menyelamatkan Junaidi yang masih berada di dalam kapal," Jelasnya.

Lebih lanjut, AKP Warno menyebut bahwa Setelah papan dek dibuka ditemukan Junaidi sudah tidak bernyawa dalam keadaan telungkup dengan mengalami luka bakar hampir diseluruh tubuh.

"Jenazah Junaidi dibawa ke RSUD Raja Musa Sungai Guntung Kecamatan Kateman Riau dengan di dampingi anggota unit Reskrim Polsek Kateman," Sebut AKP Warno.

Tambahanya, Dugaan sementara berdasarkan keterangan saksi diduga Korsleting listrik dari mesin Ganset, dan kerugian material diperkirakan Rp300.000.000,-. (Jb)