Lifestyle

Melihat Keindahan Bandar Bakau dan Wisata Kuliner Pinggiran Kota Dumai

DUMAI, RIAULINK.COM - Mendengar kata bandar bakau, bukanlah hal yang lazim di Kota Dumai. Meski dengan fasilitas masih banyak kekurangan namun tetap digemari masyarakat berkunjung ke salah satu wilayah wisata di Kota Pelabuhan itu.

Terletak di Jalan Nelayan Laut, Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai, salah satu lokasi wisata ternama di Kota Dumai itu kini kian berkembang dengan fasilitas yang masih tergolong belum lengkap masih diminati oleh masyarakat yang menghabiskan waktu di akhir pekan.

Menikmati keasrian lingkungan ditengah tanaman bakau atau mangrove, masyarakat tetap tertarik menghabiskan waktu di akhir pekan dengan berkunjung ke Bandar Bakau Kota Dumai, sembari menikmati jajanan pinggiran di lokasi tersebut.

Ada sekitar 24 jenis taman Bakau di kawasan Bandar Bakau Dumai yang menjadi daya tarik masyarakat yang hendak berkunjung ke salah satu objek wisata alam di Kota Dumai itu.

Selain itu, dengan lokasi strategis dan nyaman juga menjadi objek bagus bagi pengunjung yang gemar fotografi. Terutama ketika sore hari, masyarakat bisa menikmati pertukaran waktu sore menuju malam.

Seperti yang diungkapkan Rukiati (45) salah seorang warga Kota Dumai mengatakan, bahwa Bandar Bakau ini menjadi lokasi langganannya bersama keluarga ketika memasuki akhir pekan. Meski, fasilitas yang ada ia tetap menikmati wisata kuliner dan keindahan bandar bakau serta pemandangan pinggir laut.

"Hampir setiap akhir pekan saya bersama keluar berkunjung ke sini (Bandar Bakau, red) untuk menikmati pemandangan tanaman bakau di pinggir laut," ujarnya, Selasa (7/7) kemarin.

Selain menikmati pemandangan alam, para pengunjung juga menikmati hembusan angin laut disana. Bahkan, terdapat kuliner atau jajanan disana juga cukup masuk di lidah masyarakat Kota Dumai.

 "Kalau duduk sini terasa nyaman, meski makanan (Kuliner, red) masih tergolong pinggiran, akan tetapi sudah memadai dan dapat dinikmati para pengunjung," sebutnya.

Akan tetapi menurutnya wisata Bandar Bakau ini harus dibenahi sehingga bisa memancing daya tarik para wisatawan untuk berkunjung di Kota Dumai.

 Terutama fasilitas yang ada harus banyak dibenahi sehingga menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk mendatangi bandar bakau ini.

"Fasilitasnya harus dilengkapi lagi, sehingga bandar bakau ini bisa dikenal seluruh masyarakat baik dalam dan luar Kota Dumai," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, dengan fasilitas yang masih kurang sudah banyak dikunjungi masyarakat, bagaimana jika fasilitas sudah lengkap. Tentunya masyarakat semakin tertarik untuk berkunjung di bandar bakau Kota Dumai ini.

Sebagaimana diketahui, bahwa bandar bakau Kota Dumai sedang mengkampanyekan batik tulis bakau yang merupakan hasil eksplorasi pengerajin dan dijadikan icon Kota Dumai.