Riau

Bangun Infrastruktur Jalan dan Jembatan, Dinas PU Siapkan Alokasi Anggaran 127,8 Milyar

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Illyanto Djamal

RIAULINK.com - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Indragiri Hilir mengalokasikan dana sekitar Rp 127.8  miliar untuk membangun Infrastruktur luar dan dalam kota di Kabupaten Indragiri Hilir Anggaran  Tahun 2019.

"Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Dinas PU sudah menganggarkan dana sekitar Rp 127.8 miliar untuk Pembangunan , peningkatan dan pembangunan ruas jalan dan jembatan yang ada di kabupaten Indragiri Hilir," Kata Kepala PU Inhil, Illyanto Djamal kepada media.

Lebih lanjut, Illyanto juga menyebutkan Uang Rp 127.8 miliar  tersebut terbagi tiga sumber, yang pertama sumber dari Dana Dana Alokasi Khusus ( DAK ) 48.2 Milyar dan Anggaran Pendapatan Belanja Derah (APBD) 79.6 Milyar.

Ia jugaenambahkan, Untuk Dana Alokasi Kusus (DAK) Dengan Jumlah Dana 48.2 Milyar, di khususkan untuk pembangunan jalan dalam kota, diantaranya Jl. Kartini, Jl. Jl.Abdul Manaf dan berbagai jalan yang ada di dalam kota sesuai dengan anggaran yang ada.

Saat ditanya menganai jalan  yang kini rusak parah beliauenjelaskan, jalan sungai beringin yang merupakan wewenang provinsi Insa Allah di Anggarkan provinsi untuk melanjutkan pembangunan 2017 yang lalu.

"Mengenai berapa angkanya kami kurang mengetahui mengingat yang berwenang mengeluarkan data yakni Dinas Pu Provinsi Riau," imbuhnya.

Menurut Iliyanto, alokasi anggaran untuk perbaikan infrastruktur jalan atau jembatan yang menjadi bagian dari bidang PU  mengalami penurunan yang signifikan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Jika tahun lalu anggaran itu hanya sekitar Rp160.8  miliar, kini anggarannya menurun menjadi sekitar Rp127.8 miliar.

Iliyanto mengatakan, tujuan  alokasi anggaran ini semata – mata untuk peningkatan taraf hidup masyarakat. Karena jika kondisi jalan dan jembatan baik maka secara otomatis roda perekonomian masyarakat akan meningkat.

“Kita berharap melalui kondisi jalan dan jembatan yang baik maka perekonomian masyarakat juga akan lebih baik. Efeknya tentulah kita berharap kesejahteraan masyarakat pun akan terus meningkat," pungkasnya.