Pendidikan

Cegah Sebaran Covid-19, Siswa di Siak Bakal Belajar dengan Pola PJJ

SIAK, RIAULINK.COM - Pandemi Covid-19 belum berakhir, kegiatan belajar mengajar akan dilaksanakan secara virtual sesuai dengan anjuran pemerintah daerah Kabupaten Siak melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Seperti SMP Negeri 7 Tualang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak yang memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan penggunaan media sosial pada tahun ajaran 2020/2021. Pihak sekolah melakukan sosialisasi tentang bagaimana mekanisme dan skema belajar siswa, sosialisasi itu diikuti sejumlah orang tua siswa.

"Kegiatan belajar mengajar kita terapkan pembelajaran jarak jauh atau PJJ serta penggunaan media sosial. Karena untuk mencegah penyebaran virus Corona maka hal ini dilakukan," kata Kepala SMP Negeri 7 Tualang, Suhadirman SPd kepada media, Senin (13/7/2020) pagi.

Mekanismenya, siswa tetap belajar di rumah secara virtual melalui aplikasi video call seperti Zoom dan sebagainya. Kemudian, sekolah juga memberikan tugas melalui pesan whatsapp grup dan mengirim kembali tugas tersebut untuk diberi nilai oleh guru pengajarnya.

Suhadirman mengatakan, sosialisasi yang dilakukan pihak SMP Negeri 7 Tualang ini tetap mengikuti protokol kesehatan.

"Tentunya di sekolah kita wajib memakai masker memasuki areal sekolah ini dan wajib mencuci tangan dengan sabun pada tempat yang telah kita sediakan. Dan kita lakukan pengukuran suhu tubuh juga serta tetap jaga jarak," kata dia.

Untuk diketahui, pada tahun ajaran kali ini, SMP Negeri 7 Tualang menerima 160 siswa dan siswi pada 5 lokal yang disediakan. (Wahyu/***)