Ekonomi

Camat 3T: Bantuan Ini Hanya Sementara, Kita Harus Berikhtiar

MERANTI, RIAULINK.COM - Penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT DDs) tahap III di Desa Tanjung Gadai dan Teluk Buntal dihadiri langsung Camat Tebingtinggi Timur Rudi Hasan, Kamis (09/07/2020). 

Penyaluran BLT di Kantor Desa Tanjung Gadai, dilakukan untuk 245 penerima manfaat oleh Kepala Desa (Kades) Rasyid disaksikan Camat, Bhabinkamtibmas, dan pendamping dana desa pada Kamis sore. Sementara di Kantor Desa Teluk Buntal, penyaluran BLT untuk 145 penerima manfaat dilakukan oleh Kades Haji Atan Ismail pada Kamis malam.

Dalam sambutannya baik di Tanjung Gadai maupun Teluk Buntal, Camat Rudi menekankan bahwa berbagai bantuan dari pemerintah sejak pandemi Covid-19 dimaksudkan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat. Namun jangan sampai ada yang menjadikan bantuan sebagai satu-satunya sumber penghasilan.

"BLT dan berbagai jenis bantuan sosial yang diberikan ini sifatnya hanya membantu dan sementara saja. Tidak permanen atau berterusan. Jadi, kita harus tetap berikhtiar atau berusaha meningkatkan penghasilan sendiri," ungkap Rudi.

Meski wabah Covid-19 harus diwaspadai, namun Rudi meminta warga tidak panik. Warga tetap harus bekerja seperti biasa. Hanya saja dengan menjalankan protokol kesehatan terutama menjaga jarak sekitar dua meter jika bertemu orang lain terlebih yang baru datang dari daerah yang masuk zona merah Covid-19.

"Banyak kegiatan ekonomi bisa dilakukan terutama bercocok tanam mengingat tanah di daerah kita cukup subur. Kami mendorong agar setiap desa memiliki kebun desa yang dapat ditanam dengan tanaman pangan," ungkap Rudi.

Menurut dia, program kebun desa ini sejalan dengan Program Jaga Kampung Desa Tangguh Nusantara yang diinisiasi Polri. "Kebun desa ini dapat meningkatkan ketahanan pangan di desa jika digarap dengan serius," tambah Rudi.

Di kesempatan itu, Rudi juga mengimbau warga untuk mengantipasi bahaya karlahut. Dia meminta masyarakat peduli api (MPA) di tiap desa tetap menyiagakan peralatan pemadam api.

"Meski hari ini ada hujan, namun diprediksi kita mulai memasuki musim panas. Untuk itulah kita harus mencegah dengan menyadarkan seluruh warga agar berhati-hati menggunakan api terutama jika beraktivitas di dalam hutan maupun area perkebunan," tegasnya.(Aldo)