Lingkungan

Antisipasi Ketahanan Pangan, Kapolresta Pekanbaru Resmikan Kampung Tangguh

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Kapolresta Pekanbaru bersama Walikota Pekanbaru dan Dandim 0301 Pekanbaru resmikan Kampung Tangguh dalam rangka antisipasi ketahanan pangan di Kota Pekanbaru.

Sesuai dengan program Panglima TNI dan Kapolri paskah pemberlakuan PSBB dengan merebaknya virus covid- 19 yang sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat, Polresta Pekanbaru bersama Pemerintah Kota Pekanbaru dan Kodim 0301 Pekanbaru menjadikan Kelurahan Argowisata yang berada di Kecamatan Rumbai sebagai lahan percontohan ketahanan pangan di kota Pekanbaru.

Peresmian Kampung Tanggung Nusantara kota Pekanbaru dilaksanakan oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya bersama Walikota Pekanbaru Ir Firdaus dan Dandim 0301 Pekanbaru Letkol Inf Edi Budiman.

Dalam sambutannya Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang menyebutkan bahwa "Kampung tangguh ini bertujuan untuk mengantisipasi ketersediaan pangan bagi masyarakat saat menghadapi pandemi covid 19 di kota Pekanbaru," ujarnya.

"Kampung Tangguh Nusantara ini suatu lokasi kampung atau Kelurahan maupun desa yang memiliki kategori berbagai aspek ditinjau dari aspek kesehatannya apakah Kampung tersebut memenuhi standar protokol kesehatan dengan didirikannya posko kesehatan," sebut Kombes Nandang.

"Perilaku hidup baru atau nomor normalife Setiap warga yang ada di kota Pekanbaru ini benar-benar harus mematuhi protokol Kesehatan baik penggunaan masker, kemudian pengukuran suhu, kemudian juga membersihkan tangan dan menjaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain," tambah Kombes Nandang.

Faktor keamanan suatu kampung juga merupakan Salah satu syarat dari kampung tangguh Nusantara ini, Kelurahan agro lestari telah memiliki pos ronda sebagai pintu masuk dan keluar sehingga bisa mengontrol orang yang akan masuk dan keluar dari perkampungan.

Sebagai ketahanan pangan Kapolresta Pekanbaru melakukan Penaburan bibit ikan di Jalan Gelatik III Rt 1/Rw 8 Perumahan griya Sidomulyo Kelurahan Perhentian Marpoyan dan peninjauan perkebunan Ketahanan pangan, Jalan Garuda I Rt 1/Rw 9 Perumahan griya Sidomulyo Kelurahan Perhentian Marpoyan yang bertujuan sebagai tambahan Kampung Tangguh Nusantara di Kota Pekanbaru. (WAN)