Politik

Bupati Rohul: Desk Pilkada Harus Selalu Berkoordinasi

ROKANHULU, RIAULINK.COM - Dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak lanjutan yang di jadwalkan 9 Desember mendatang, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), menggelar rapat Desk Pilkada Rohul perdana, Rabu (8/7/2020) di ruang rapat rumah dinas Bupati.

Dilaksanakannya Rapat Desk Pilkada Rohul, seiring dengan telah dimulainya kembali tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak lanjutan oleh penyelenggara Pilkada Rohul.

Rapat Desk Pilkada Rohul yang dipimpin langsung oleh Bupati Rohul H Sukiman itu, dihadiri Ketua Desk Pilkada Rohul H Abdul Haris Ssos Msi yang juga menjabat sebagai Sekda Rohul, Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting SIK, Kajari Rohul Ivan Damanik SH MH, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rohul terkait.

Bupati Rohul H Sukiman menyebutkan, dirinya telah menadatangani SK pembentukan Desk Pilkada Rohul 4 Maret lalu. Namun dengan ditundanya jadwal pelaksanaan Pilkada Rohul yang semula dijadwalkan 9 September 2020, digeser menjadi 9 Desember 2020 mendatang.

Maka pemerintah daerah menggelar rapat Desk Pilkada Rohul yang perdana, dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak lanjutan di Kabupaten Rohul.

Menurutnya, tujuan dilaksanakannya Rapat Desk Pilkada Rohul ini, tidak lain untuk menyamakan persepsi terkait tugas dan fungsi Desk Pilkada Rohul dalam mengikuti tahapan Pilkada Kabupaten Rohul.

Sukiman mengatakan, Sekretariat Desk Pilkada Rohul melekat di Bagian Tapem Setda Rohul.
Pembentukan Desk Pilkada, berpedoman pada Permendagri Nomor 9 Tahun 2005 tentang Pedoman Bagi Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Pilkada.

Sebagaimana tupoksi dari Desk Pilkada yakni melakukan pemantauan pelaksanaan Pilkada di daerah, menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan Pilkada dan memberikan saran dalam penyelesaian permasalahan Pilkada.

Serta melaporkan informasi mengenai permasalahan dan perkembangan persiapan dan pelaksanaan Pilkada secara berjenjang dan melaporkan rutin setiap hari.

Orang nomor satu Rohul itu mengaku telah mengalokasikan anggaran untuk Desk Pilkada Rohul didalam APBD Rohul 2020, namun dirinya tidak menjelaskan secara rinci.

‘’Kita minta Desk Pilkada Rohul selalu berkoordinasi dengan instansi terkait seperti KPU, Bawaslu, Polres, Kodim, Kejaksaan, dan Organisasi Perangkat Daerah Rohul yang terkait langsung dalam pelaksanaan Pilkada,’’ katanya.

Disamping itu, Bupati mengingatkan, pelaksanaan Pilkada lanjutan serentak Tahun 2020 harus memperhatikan protokol kesehatan Covid 19, jangan sampai pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi Covid 19 dapat memunculkan cluster-cluster baru penyebaran Covid 19 di Rohul.

‘’Kita minta sosialisasi pelaksanaan Pilkada lanjutan serentak dapat menyentuh langsung kepada masyarakat, dengan harapan tingginya partisipasi pemilih di Rohul, baik secara daring atau online maupun langsung untuk daerah-daerah yang tidak terjangkau jaringan,’’ jelasnya.

Bupati berpesan kepada seluruh elemen masyarakat di Rohul untuk dapat mensukseskan Pilkada Lanjutan Serentak 9 Desember mendatang, dengan tetap menjaga situasua Kamtibmas dan menciptakan kondusifitas daerah dalam setiap tahapan pelaksanaan Pilkada Lanjutan serentak Tahun 2020.