Ekonomi

Bayar Tagihan Air di Siak Kini Pakai Token

SIAK, RIAULINK.COM - Dinas PU Tata Ruang dan Permukiman (Tarukim) Kabupaten Siak melaunching inovasi terbarunya untuk pembayaran tagihan air ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dengan menggunakan sistem prabayar layaknya listrik prabayar atau token.

"Sudah berangsur dimulai, nantinya masyarakat beralih ke Water Meter prabayar seperti listrik PLN prabayar atau token," kata Kepala Dinas PU Tarukim Siak, Irving Kahar kepada Riaulink.com, Selasa (7/7/2020).

Dijelaskannya, setiap warga yang sudah memakai Water Meter prabayar itu harus membeli token untuk dapat menggunakan air PAMnya. Pembelian minimal 10 kubik dengan harga per kubiknya Rp4.500.

"Loket pembelian tokennya kita sudah bekerja sama dengan pihak Bank, jadi bisa beli di Indomaret dan Alfamart," kata Irving.

Menurutnya, masyarakat akan diuntungkan dengan sistem Water Meter prabayar itu, sebab tidak ada lagi membayar kelebihan beban penggunaan air PAM.

"Dan peralihan dari pasca bayar ke Water Meter prabayar pun tidak dipungut biaya," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Pemkab Siak menjadi kabupaten pertama yang menggunakan Water Meter prabayar sebagai alat pembayaran tagihan air PAM di Provinsi Riau.

Dengan menggunakan sistem tersebut, diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan serta tertib administrasi.

"Tentunya ini juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di Siak," tutupnya. (Wahyu)