Peristiwa

Tindaklanjuti MoU Kerjasama, Tim PPs UIR Sambangi Pemko Dumai

DUMAI, RIAULINK.COM - Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Riau (UIR) kembali melakukan safari akademik ke pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Riau. 

Kali ini Direktur PPs UIR Profesor Yusri Manaf menggelar silaturahmi dengan Pemerintah Kota Dumai di gedung media centre, Jalan Putri Tujuh, Kecamatan Dumai Timur, Senin (6/7/2020).

Setelah sebelumnya, Yusri Manaf juga melakukan hal serupa dengan Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto.

Pada pertemuan itu, dirinya diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Dumai, Herdi Salioso sekaligus menindaklanjuti nota kesepahaman antara kedua belah pihak yang sebelumnya sudah ditandatangani oleh Wali Kota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah dengan Rektor UIR, Profesor Syahrinaldi.

Menurut dia nota kesepahaman yang dibahas segera direalisasikan ke dalam memory of agreement (memori kesepakatan) antara Pascasarjana dengan dinas terkait. Jadi semua pihak terkait dengan Catur Darma Perguruan Tinggi

Catur Darma Perguruan Tinggi saja mencakup empat bidang kegiatan, di antaranya penilaian, pengajaran, pengabdian dan dakwah Islamiyyah.

Memang selama ini yang dikenal hanyalah Tri Dharma tetapi dikatakannya, UIR menggunakan terminologi Catur Dharma di luar tiga Dharma yang sudah baku secara nasional, yakni dakwah Islamiyyah,"ceritanya panjang lebar 

Diantara kegiatan yang dapat direalisasikan dalam keempat dharma, menurut dia, adalah peningkatan sumberdaya manusia jajaran aparatur pemerintahan Kota Dumai. 

Juga kajian-kajian strategis lain yang muara akhirnya berkontribusi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat akselerasi pembangunan daerah.

Selain itu pihaknya juga membuka diri apabila Pemko Dumai ingin mengirimkan para ASN nya untuk melakukan studi lanjut.

Dengan memberikan enam program studi di antaranya magister ilmu hukum, ilmu administrasi, ilmu pemerintahan, teknik sipil, agronomi dan agribisnis.

”Enam prodi ini memiliki ahli yang mampu bekerja secara profesional,”imbuh Yusri.

Di kesempatan yang sama, Sekdako Dumai menyambut hangat kedatangan rombongan UIR.

Karena baginya UIR merupakan salah satu partner kerjasamanya Pemko Dumai. "Terutama di bidang akademik dalam percepatan pembangunan sumberdaya manusia di Pemko Dumai,"tukasnya.(rls)