Lingkungan

Tol Permai, Satu-satunya Tol yang Miliki Terowongan Gajah di Indonesia

Keterangan foto : saat Gubri Syamsuar disambut oleh Wali Kota Dumai, Zul AS di pintu gerbang Tol Dumai (seksi VI).

DUMAI, RIAULINK.COM - Gubernur Riau, Syamsuar bersama Forkopimda Pemprov Riau melakukan kunjungannya ke Kota Dumai.

Diketahui tujuan rombongan ke Dumai sekaligus meninjau persiapan jalan tax on location (Tol) Pekanbaru-Dumai (Permai) melalui jalur darat melewati area tol dari Pekanbaru ke Dumai.

Tak pelak, setibanya rombongan di pintu tol Dumai tepatnya pads seksi VI, Gubri disambut langsung oleh Wali Kota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah pada Sabtu (4/7/2020) siang.

Gubri mengatakan, peninjauan ini ingin memastikan langsung sejauh mana progres kesiapan jalan Tol Permai.

"Insyaallah dalam waktu dekat juga akan diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo,"ungkap dia.

Ia juga sempat menjelaskan perjalanannya di wilayah Minas, Kabupaten Siak. Dimana di area tol tersebut, pemerintah melalui PT Hutama Karya juga membangun ruang jalan bagi gajah sebagai satwa yang dilindungi.

"Tentunya ini suatu hal yang sangat membanggakan bagi kita semua, karena pada Tol Permai ini dibangun terowongan gajah. Sehingga tol ini tidak mengganggu habitat gajah yang sering melintas di kawasan tersebut,"terang Gubri.

"Dan hanya Tol Permai, merupakan satu-satunya tol yang ada di Indonesia sebagai tol yang ramah lingkungan dan merupakan tol nomor dua di dunia,"terang Gubri.

Jadi jalan Tol Permai mempunyai rasa kasih sayang terhadap satwa. "Tadi kita sempat saksikan gajah liar di kawasan tol, Saya rasa keberadaan Tol Permai tidak mengganggu lingkungan sehingga baik satwa maupun tumbuhannya tetap terpelihara,"puji Syamsuar.

"Dan ini merupakan prestasi bagi Pemprov Riau,"terang mantan Bupati Siak dua periode ini tersenyum.

Tak lupa ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak baik pemerintah maupun pengelola. "Karena di dalam pembangunan tol ini memikirkan kasih sayang terhadap marga satwa,"ucapnya.

"Dan semoga dengan beroperasinya Tol Permai seiring itu pula pembangunan RoRo Dumai-Malaka juga berjalan. Sehingga bisa menduniakan produk-produk Pulau Sumatera hingga ke mancanegara,"timpalnya menutup.(kll)