Riau

Banjir Terus Meluas Hingga 8 Kecamatan, Pemkab Kampar Salurkan Bantuan

RIAULINK.com - Setelah ditunggu masyarakat korban banjir beberapa hari, akhirnya Pemerintah Kabupaten Kampar menyerahkan berbagai jenis bantuan, Jumat (14/12/2018).

Penyerahan bantuan dipimpin Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto didampingi Sekda Kampar Yusri, Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira, Kajari Kampar Dwi Antoro, Kapolsek Kampar Hendrik, Kepala Dinas PUPR Kampar Afdal, Kepala Dinas Sosial Kampar M Amin Filda, Ketua Baznas Kampar Basri Rasyid serta camat setempat.

Rombongan Wakil Bupati Kampar mwnyambangi sejumlah kantor camat dan sekaligus menyerahkan bantuan diantaranya di kantor Camat Kampar Utara, Rumbio Jaya, Tambang dan Siak Hulu.

Bantuan diserahkan untuk memberikan 8 kecamatan. Bantuan selanjutnya disalurkan melalui kepala desa.

Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto menyebutkan, bantuan akan disalurkan kepala desa bertujuan agar bantuan diberikan kepada korban yang benar-benar membutuhkan karena yang lebih mengetahui wilayah dan masyarakatnya adalah kepala desa dan kepala desa diharapkan memiliki data yang valid.

Bantuan untuk Kecamatan Kampar Utara berupa beras 10 ton, Kecamatan Rumbio Jaya beras 5 ton. Disamping itu ada bantuan biskuit, mie instan, minyak, gula dan makanan cepat saji lainnya.
Untuk keseluruhan Pemkab Kampar menyiapkan 100 ton beras untuk disalurkan dimana setiap kepala keluarga akan menerima 10 kg beras.

"Atas nama pemerintah kami turut prihatin, ini adalah musibah yang tidak dapat kita hindari karena curah hujan yang cukup tinggi, masyarakat diminta waspada dan menjaga anaknya karena sudah ada kejadian yang terjadi dan tidak kita harapkan," ungkap Catur.

Sejauh ini Pemkab Kampar sudah mempersiapkan dapur umum dan perahu karet untuk siaga apabila ada tindakan penanganan yang dibutuhkan. Dari data awal yang berhasil didapat melalui Dinas Sosial sebanyak 3.064 KK yang terkena dampak banjir. Bantuan yang disalurkan berjumlah 30.750 kg beras dan jumlah ini masih akan bertambah menunggu perkembangan data selanjutnya.

Sementara itu Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta juga menyampaikan kepada masyarakat untuk selalu waspada dan memperhatikan keselamatan terkait tingginya arus sungai Kampar.

"Masyarakat yang beraktifitas di sungai jangan lupa memperhatikan keselamatan dan dihimbau kepada orang tua untuk memperhatikan anak-anaknya agar tidak beraktifitas di sungai Kampar karena sudah ada korban jiwa," ucap Andri.