Sosbud

Hadiri Penyaluran BLT-DD Kepau Baru, Camat Tebing Tinggi Timur: Jangan Main Api

MERANTI, RIAULINK.COM - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap III Desa Kepau Baru dihadiri langsung Pelaksana Harian (Plh) Camat Tebingtinggi Timur Rudi Hasan MH, Jum'at (03/07/2020).

Di Momen itu juga dimanfaatkan Camat Rudi untuk menghimbau agar warganya mengantisipasi bahaya kebakaran lahan mengingat cuaca setempat mulai memasuki musim panas.

"Mengingat cuaca kita memasuki musim panas, mohon jangan main api. Kalau anak-anak suka main api nanti tidur malam pipis di celana tapi kalau orang dewasa main api, lahan dan hutan bisa terbakar," ungkap Rudi sembari bercanda disambut tawa yang hadir.

Menurutnya, kalaupun ada yang ke hutan atau kebun mengambil madu lebah, mancing ikan, atau mencari kayu agar tidak sembarangan menggunakan api. "Pastikan betul api yang digunakan benar-benar padam," tegas dia.

Sementara itu penyaluran BLT dilakukan untuk 87 keluarga penerima manfaat di Kantor Desa Kepau Baru. Ada sekitar 30 warga yang hadir. Selain penyerahan secara simbolis di Kantor Desa, Camat Rudi juga ikut mengantar langsung BLT tersebut ke salah satu rumah warga.

Diantara yang hadir adalah Kades Acat, Kepala BPD Akiat, Pendamping Dana Desa Iman Setiadi, dan Babinkamtibmas R Daulay. Sejumlah aparatur Kecamatan Tebingtinggi Timur dan aparatur desa juga hadir.

"Penyaluran ini merupakan tahap ketiga dengan jumlah Rp 600 ribu per penerima," ungkap Kades Acat.

Sementara itu Camat Rudi meminta warga memanfaatkan bantuan tersebut untuk membeli bahan pangan. Dia juga meminta warga mengolah lahan yang dimiliki untuk ditanam berbagai jenis tanaman pangan dan sayuran.

"Kita punya lahan yang masih luas dan lumayan subur. Sangat baik jika ditanami berbagai tanaman pangan dan sayuran untuk meningkatkan ketahanan pangan kita menghadapi tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19," harap Rudi.(Aldo)