Metropolis

GAS dan Keritang Akan Jadi Pilot Project Kantor Capil di Kecamatan

INHIL, RIAULINK.COM - Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) dan kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) akan dicanangkan menjadi pilot project kantor Capil di Kecamatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdikcapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Mizwar Efendi di awal menjadi Kepala Dinas Disdukcapil Inhil.

Saat dikonfirmasi Riaulink.com, Sekretaris Disdukcapil Inhil, Nursal Sulaiman menyebut bahwa sampai saat ini persiapan pilot projek tersebut sudah 90 persen.

"Persiapan sudah 90 persen oke, dan
Petugas untuk 2 kecamatan tersebut juga sudah kita latih," Sebutnya, Jum'at (03/07/2020).

Selain itu, Nursal Sulaiman juga menjelaskan bahwa saat ini peralatan di 2 kecamatan tersebut sudah Standby.

Lanjutnya, Nursal Sulaiman menyebut bahwa sebetulnya disdukcapil inhil sudah mempersiapkan pilot projek ersebut sebelum pandemi covid-19.

"Akan tetapi, kita tunda dulu pelaksanaan di lapangan karena situasi musibah non alam tersebut," Sebutnya.

Lebih lanjut, Nursal Sulaiman menjelaskan bahwa Karena sekarang sudah bisa beraktifitas lagi dengan ketentuan wajib mematuhi protokol kesehatan, maka kita kembali akan bergerak tetapi tetap sesuai protokol kesehatan.

"Insya Allah, Minggu ke 3 bulan Juli kita akan action," ungkapnya. 

Oleh karena itu, Nursal Sulaiman berharap dengan adanya pelaksanakan pilot projeck di dua kecamatan tersebut, Mudah-mudahan akan menjadi model untuk kita laksanakan di 20 kecamatan se Inhil pada tahun 2021.

"Apabila pelayanan sudah dilaksanakan di kecamatan nantinya, maka masyarakat tidak perlu lagi harus ke kantor disdukcapil di Tembilahan untuk mengurus dokumen kependudukan. Sehingga lebih efektif dan efisien karena akan mengurangi beban masyarakat dari segi biaya dan waktu untuk urusan dokumen kependudukan dimaksud," Jelasnya.

Terakhir, Nursal Sulaiman menyebut bahwa pilot projek ini tidak akan berjalan lancar tanpa adanya dukungan dari semua pihak.

"Jadi, Kita harapkan dukungan dan suport dari semua pihak baik itu pemerintah daerah dan masyarakat agar pilot projek ini bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapan.(Jb)