Hukrim

HUT ke-74 Bhayangkara, Polres Dumai Layani 46 Pemohon SIM dan 157 Service Motor Gratis

Keterangan foto : Kasat Lantas Polres Dumai, AKP Agustinus Chandra Pietama

DUMAI, RIAULINK.COM - Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 74, masyarakat yang lahir di tanggal 1 Juli bertepatan dengan Hari Bhayangkara  mendapatkan program pembuatan surat izin mengemudi (SIM) gratis dan service sepeda motor gratis.

Dimana program tersebut merupakan instruksi dari Kapolri Jenderal Idham Azis melalui surat telegram rahasia (TR) bernomor ST/1671/VI/YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020 lalu yang ditandatangani oleh Kepala Korps Lalu Lintas Irjen Pol Istiono kepada seluruh jajaran Polda, Polres dan Polsek di seluruh Indonesia.

Tak dinyana ternyata program tersebut mendapat tanggapan yang cukup antusias oleh masyarakat Dumai.

Hal ini disampaikan Kasat Lantas Polres Dumai, AKP Agustinus Chandra Pietama kepada wartawan di ruang kerjanya mengaku jika pihaknya sudah melayani 46 pemohon pengurusan pembuatan dan perpanjangan SIM gratis.

Dengan rincian pembuatan SIM C sebanyak 28 pemohon dan SIM A 18 orang pemohon.

Untuk pembuatan gratis ini syaratnya adalah pemohon telah memilik e-KTP, memenuhi seluruh persyaratan pembuatan SIM, bagi pemohon SIM baru harus lulus teori dan praktek.

"Bagi pemohon yang akan perpanjang di wajibkan membawa SIM yang akan diperpanjang masa berlakunya,"terangnya.

"Semua persyaratannya wajib dilakukan oleh pemohon, yang digratiskan adalah biaya kepengurusannya,"ungkapnya menimpali.

Dikatakan SIM gratis hanya satu hari yakni pada 1 Juli 2020 dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 14.00 WIB, bertempat di Polres Dumai.

"Alhamdulilah, apa yang kami berikan mendapat sambutan antusias dari masyarakat,"sebut dia. 

Untuk program service sepeda motor yang dilaksanakan 25 Juni sampai 1 Juli 2020 tersebut sebanyak 157 sepeda motor masyarakat mendapat pelayanan di empat titik lokasi yang disediakan.

"Untuk service gratis yang ditanggung hanya service saja namun untuk mekanik yang disediakan bekerjasama dengan dealer motor yang ada di Dumai dengan semua jenis sepeda motor,"terangnya.(kll)