Lingkungan

Hotspot Kembali Marak di Riau, Terbanyak di Dumai dan Bengkalis

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Hotspot atau titik panas terdeteksi marak provinsi Riau, Kamis (2/7/2020). Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hari ini terpantau 18 titik panas di Bumi Lancang Kuning. Angka ini meningkat dibanding sehari sebelumnya.

"Hotspot tersebut tersebar di 7 wilayah dengan sebaran terbanyak itu di kota Dumai dan kabupaten Bengkalis," ujar Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Yudhistira Mawaddah.

Ia merincikan, hotspot di Dumai dan Bengkalis terpantau masing-masing 4 titik. "Kemudian Rokan Hilir dan Rokan Hulu masing-masing 3 titik, Kuansing 2 titik dan Pelalawan serta Indragiri Hilir masing-masing satu titik," cakapnya.

Dari jumlah tersebut, tak ada satupun yang berada di level tinggi. Semua hotspot berada di level sedang.

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," imbaunya.

Ia menambahkan, cuaca hari ini cenderung cerah berawan. Memang masih ada potensi hujan, namun hanya terjadi pada sore hingga malam hari.

"Sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kota Dumai, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar dan sebagian Kota Pekanbaru," ujarnya.