HUT Bhayangkara Ke-74

Bupati Meranti Ucapkan Selamat dan Berharap Polri Semakin Profesional, Modern dan Terpercaya

MERANTI, RIAULINK.COM - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bersama Kapolres AKBP. Taufik Lukman mengikuti upacara HUT Bhayangkara Ke-74 Tahun 2020 melalui Video Conference, kegiatan ini langsung dipimpin Presiden RI Joko Widodo didampingi Kapolri Jend. Polisi Drs. Idham Aziz M.Si, dan diikuti oleh seluruh Polda dan Polres Se-Indonesia.

Turut hadir Ketua DPRD Meranti Jack Ardiansyah, Kajari Meranti Budi Rahardjo, Kepala Imigrasi Meranti, Pabung Kodim 0303 Bengkalis Mayor. Inf. Bismi Tambunan, Kadis Pariwisata Meranti Rizki Hidayat, Ketua MUI Meranti H. Mustafa, dan pejabat teras Polres Meranti.

Kegiatan Upacara HUT Bhayangkara di Kepulauan Meranti digelar melalui Teleconfrence yang dilangsungkan secara sederhana namun hikmat. Layaknya upacara kegiatan itu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mendengarkan pidato atau amanah Presiden RI Joko Widodo.

Dalam kesempatan itu, Presiden RI Joko Widodo menekankan kepada jajaran Polri Se-Indonesia untuk terus melaksanakan tugas dan fungsinya menjaga keamanan dan ketertiban, pengayom dan pelayan masyarakat.

Menurut Joko Widodo, sebagai bangsa pejuang kita tidak boleh cepat menyerah terutama dalam menghadapi cobaan Covid-19 yang cukup berat untuk itu perlu kerja keras untuk mengatasi masalah kesehatan dan tekanan ekonomi terbut. 

"Tugas jajaran Kepolisian sangat diperlukan polisi harus aktif terlibat dapam mengawal masyarakat mematuhi protokol kesehatan, membantu penyaluran bantuan sosial dan menjaga kondusifitas," ujar Presiden.

Selanjutnya karena keselamatan masyarakat adalah yang paling utama maka Presiden Joko Widodo meminta jajaran Kepolisian untuk menjalankan tugas secara persuasif dan humanis, namun tetap tegas dalam penegakan hukum. Khususnya dalam mengawasi penggunaan anggaran Covid-19 bekerja sama dengan Kejaksaan.

"Jika terindikasi koruspi segera tindak saat ini tidak boleh ada yang main main," ujar Presiden.

Selain itu Presiden RI juga meminta Kepolisian untuk terus memperbaiki diri mewujudkan Polri yang profesional, modern dan terpercaya karena tantangan kedepan semakin berat dimana kriminalitas semakin marak, kejahatan kekayaan negara hingga ancaman terhadap stabilitas negara menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Secara rinci intruksi Presiden dalam HUT Bhayangkara Ke-74 tersebut adalah :

1. Terus amalkan nilai luhur Tri Brata dalam menjalankan tugas Polri, menjaga kehormatan, kepercayaan masyarakat dan kebanggaan Polri.

2. Lakukan reformasi ditubuh Polri secara transparan, akuntable serta mewujudkan kultur Polri yang Profesional, Modern, Terpercaya (Promoter).

3. Mantapkan Sinergitas Internal dan kerjasama TNI-Polri

4. Penindakan secara persuasi dan humanis dalam menghadapi masalah dan gejolak sosial.

5. Tingkatkan Pelayanan Publik secara profesional.

6. Penegakan hukum yang adil.

7. Jaga disiplin masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan agar tetap produktif dan aman dari Covid-19.

8. Aktif menjaga kondusifitas ekonomi Nasional.

Menyikapi hal itu, Bupati Kepulauan Meranti mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada Polri khususnya Polres Kepulauan Meranti yang telah bahu-membahu bersama TNI dan Pemda Meranti dalam mewujudkan Kamtibmas yang kondusif diwilayah Kepulauan Meranti.

"Semoga di HUT Bhayangkara Ke-74 ini Kepolisian semakin profesional, modern dan terpercaya, MARI BERSAMA KITA WUJUDKAN SITUASI KAMTIBMAS YANG KONDUSIF, MASYARAKAT PRODUKTIF, JAYALAH POLRI," ucap Bupati berapi-api. (Adv/Aldo)