Metropolis

Monumen Pesawat F-86 Avon Sabre di Pekanbaru Bakal Dipindahkan Lagi?

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Monumen pesawat F-86 Avon Sabre yang ada di halaman Gedung Juang Jalan Sudirman bakal dipindahkan lagi ke kawasan TNI-AU Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn). 

Sebelumnya, pesawat F-86 Avon Sabre ini terletak di pusat kota Jalan Sudirman yang dikenal dengan bundaran tugu pesawat. Pesawat yang dulu pernah menjadi kebanggaan TNI-AU era 70-an itu lama menjadi icon Kota Pekanbaru.

"Ya, rencananya akan dipindahkan ke dalam kawasan Lanud Roesmin Nurjadin," kata Kapentak Lanud Rsn Letkol Muhammad Zukri.

Menurutnya, rencana pemindahan tugu pesawat F-86 Avon Sabre itu sudah disampaikan melalui surat kepada Gubernur Riau H Syamsuar. Tembusan surat itu juga disampaikan kepada Legiun Veteran Riau. 

"Melalui surat kita sampaikan kepada Pemerintah Provinsi Riau yang langsung ditujukan kepada Gubernur Riau, dan ditembuskan kepada Legiun Veteran," ungkap Zukri.

Pemindahan monumen pesawat F-86 Avon Sabre ke dalam kawasan Lanud Rsn, diharapkan agar nilai sejarah dari pesawat tersebut lebih dapat terjaga lagi. Sehingga dapat menjadi edukasi kepada generasi sekarang dan mendatang.(mc)