Kesehatan

dr Saud Sebut Penjagaan Diri Tenaga Covid Inhil Tergolong Baik

Direktur RSUD puri husada tembilahan Dr Saud Pakpahan

INHIL, RIAULINK.COM - Penularan Virus Corona (Covid-19) dari Pasien ke Tenaga Kesehatan Khususnya yang menangani Pasien Positif Covid-19 tentu tak bisa di hindarkan, Hal tersebut pastinya akan terjadi.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan, dr. Saut Pakpahan menyebut bahwa Tenaga Covid-19 di RSUD Puri Husada Tembilahan Sampai saat ini baru 1 yang terkonfirmasi Positif Covid-19.

"Sampai saat ini baru 1 dari 40 tenaga medis yang terpapar covid-19, Khususnya yang menangani Pasien Covid-19, Sebutnya kepada awak media setelah melaksanakan Press Conference di Media Center Kominfo Inhil, Senin (29/06/2020).

Lanjutnya, dr. Saut Pakpahan menjelaskan bahwa dari kejadian tersebut membuktikan bahwa tenaga Medis untuk penanganan covid-19 di RSUD Puri Husada Tembilahan Cukup bagus dalam menjaga diri dari penularan Covid-19 antara Pasien dan tenaga medis.

"Seandainya, Penjagaan diri tenaga medis kurang baik atau buruk, tentu banyak tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 yang terpapar," Jelasnya.

Lebih lanjut, dr. Saut Pakpahan menyebut bahwa 1 orang tenaga medis yang menangani pasien covid-19, yang terpapar itu pun bukan di bagian perawatan.

"Tenaga medis tersebut kerjanya bukan di bagian penanganan pasien, melainkan di bagian administrasi," Sebutnya.

Tambhanya, dr. Saut Pakpahan menyebut bahwa saat ini tengah dalam melakukan evaluasi atau memperbaiki kinerja tenaga penanganan Covid-19. 

"RSUD Puri Husada Tembilahan melayani Pasien Dengan menggunakan prinsip Zero Infection, maksudnya bagaimana supaya tidak terjadinya Infeksi," Jelasnya. jb