Metropolis

BLT-DD Meranti Diperpanjang, Kabid Pemdes : Sudah Masuk Tahap III

MERANTI, RIAULINK.COM - Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau akan diperpanjang. Bahkan penyaluran tahap III sudah 23,9% (23 desa ,red).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMD) Kepulauan Meranti  melalui Kepala Bidang Pemerintah Desa (Kabid Pemdes), Darwis kepada Riaulink.com, Senin (29/06/2020) siang menyebutkan kalau penyaluran BLT-DD Tahap III sudah mulai disalurkan secara tunai melalui dua cara yakni door to door langsung diantar ke rumah masyarakat dan di Kantor Kepala Desa dengan pembagian jadwal setiap Dusun untuk menghindari kerumunan.

"Alhamdulillah Penyaluran BLT-DD tahap I sudah 100% dilaksakan (96 desa,red), BLT-DD tahap II sudah 100% (96 desa ,red), dan untuk tahap III telah dilaksanakan sebanyak 23 desa atau 23,9%," katanya.

Dijelaskan Darwis Sesuai PMK 50/2020 dan Permendes 07/2020 bahwa BLT-DD diperpanjang menjadi 6 bulan sejak April s/d September 2020 dengan pembagian besaran jumlah yang berbeda yaitu,
April S/d Juni sebesar Rp 600.000/ bulan
Juni S/d September sebesar Rp 300.000/bulan.

"Desa lain segera menyusul untuk BLT-DD tahap III, karena sejak awal penganggaran yang berbeda. Ditambahkan Darwis ada desa yang mulai anggarkan pada DD tahap I dan ada desa yang baru mulai anggarkan di DD tahap II sehingga penyaluran tidak dapat serentak dan itu sesuai tahapan anggaran DD yang masuk ke rek desa," kelasnya.

Diakui Darwis kalau pihaknya memiliki target untuk minggu kedua bukan Juli BLT-DD tahap III sudah tersalurkan oleh semua desa, dan diakhir ukan Juli sudah bisa dengan masuk tahap IV.

Sementara itu, Kades Kedabu Rapat Mahadi menjelaskan kalau pihaknya hari ini telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai yang disaksikan oleh Babinsa, Babinkamtibmas, Kepala Dusun, RT, RW, Dan jajaran.

"Ini merupakan Tahap yang ke II Penyaluran Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) melalui Dana Desa Tahun 2020, untuk masyarakat Desa Kedabu Rapat yang Terdampak Covid-19 sebanyak 152 KK dan masing-masing Kepala Keluarga di Bantu sebanyak Rp. 600.000," ujarnya.

"Semoga dengan bantuan ini bisa sedikit meringankan beban Masyarakat (Kedabu Rapat,red).  Dan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya penyaluran ini," tambah Mahadi. (Aldo).