Kesehatan

Para Guru di Pelalawan Mulai Jalani Rapid Test

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Maksimalkan antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di lingkungan sekolah, Dinas Kesehatan (Diskes) bersama tim gugus tugas Covid-19 kabupaten kota di Riau mulai gelar rapid tes pada tenaga pengajar (Guru).

Pelaksanaan rapid tes pada tenaga pengajar ini sesuai dengan program tim gugus tugas penanganan Covid-19 Riau serta Diskes Riau, yang sebelumnya telah menyampaikan jika tenaga pengajar termasuk program prioritas penggesaan rapid tes maupun tes swab demi mengantisipasi penyebaran Covid-19 dilingkungan pendidikan.

Untuk pelaksanaan rapid test pada tenaga pengajar ini, baru dilakukan oleh tim gugus tugas Covid-19  dan dinas kesehatan Kabupaten Pelalawan. Dimana untuk tahap awal dilakukan pada tenaga pengajar (Guru) tingkat Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang kedepannya akan disusul oleh lingkungan pendidikan lebih tinggi.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan M Zalal, pelaksanaan rapid tes pada tenaga pengajar ini baru dilaksanakan pada satu kecamatan. Yaitu, Kecamatan Kerumutan dengan jumlah sekitar 75 tenaga pengajar. Selain mencegah penyebaran virus corona Covid-19 rapid tes ini juga dalam memaksimalkan program new normal, tahun ajaran baru pendidikan di Kabupaten Pelalawan.

"Kecamatan Kerumutan ini, merupakan kecamatan pertama yang melakukan rapid test kepada tenaga pendidik. Mudaha-mudahan dalam waktu dekat juga akan disusul kecamatan lainya yang ada di Kabupaten Pelalawan," katanya. 

Hal senada juga disampaikan Kepala Puskesmas Kerumutan, Harno, yang juga sebagai tim gugus tugas penanganan Covid-19, menjelaskan bahwa tujuan diadakannya rapid test bagi tenaga pendidik ini adalah dalam rangka pelaksanaan new normal dan menyambut tahun ajaran baru 2020 yang akan segera dimulai.

"Jadi kedepan juga akan dilakukan pada semua lingkungan sekolah. Kita harap dengan adanya program ini antisipasi dan pencegahan  Covid-19 di lingkungan sekolah bisa di atasi dengan maksimal," katanya.

Menanggapi hal tersebut kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, mengapresiasi Kabupaten Pelalawan yang telah melaksanakan rapid tes pada tenaga pengajar. Pasalnya pelaksanaan tes kesehatan pada tenaga pengajar ini juga sesuai surat edaran gubernur Riau yang dilakukan secara keseluruhan.

"Kita berharap kedepan juga bisa segera diikuti oleh Kabupaten lain di Riau. Sehingga penanganan lebih maksimal dan antisipasi lebih sesuai harapan, khusunya dilingkungan sekolah," katanya.

Ia juga menegaskan, jika pelaksanaan tes ini tidak hanya diprioritaskan pada tenaga pengajar atau lingkingan sekolah. Tapi juga pada lainya, seperti pengurus rumah ibadah Lembaga serta lainya sesuai pasal 117 dalam surat edaran gubernur Riau.

"Yang pasti untuk tes ini akan diutamakan pada PDP, setelah itu baru pada masyarakat umum yang tujuannya memaksimalkan penggunaan penularan dan penyebaran Covid-19 dilingkungan masyarakat," katanya kembali himbau masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan, dengan memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.(mc)