Pendidikan

Kadisdik Inhil: Terkendala Perangkat dan Akses Daring, Penyerahan Raport Terpaksa Manual

INHIL, RIAULINK.COM - Penyerahan Raport peserta didik jennjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) akan segera dilaksanakann.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Inhil H. Faturrahman,S.Ag. M.Pd menyebut bahwa Penyerahan Raport untuk kalender pendidikan tahun 2019-2020 nantinya akan dilakukan secara bertahap.

"Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor : 452/DISDIK/P-SD&SMP/SE/VI/2020 tentang Penyerahan Raport Jenjang SD dan SMP," Sebutnya kepada Riaulink.com Kamis (25/06/2020).

Lanjutnya, Kadisdik Inhil menjelaskan bahwa Raport diambil oleh orang tua/wali murid dengan tidak mengikutsertakan anak/peserta didik ke sekolah.

"Tentunya pengambilan Raport tersebut tetap mengikuti protokol kesehatan covid-19 yang telah di anjurkan oleh pemerintah seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jaraj aman serta pengecekan suhu tubuh," Jelasnya.

Lebih lanjut, Kadisdik Inhil memyebutkan bahwa penyerahan Raport SD untuk kelas rendang dilaksanakan pada tanggal (26/06/2020) dan untuk kelas tinggi di penyerahan Raport dilaksanakan pada tanggal (27/06/2020).

"Kita pinta untuk pihak sekolah agar mengatur jadwalnya agar tidak menimbulkan keramaian, selain itu kita pinta juga pihak sekolah agar menyipakan tempat cuci tangan bagi orang tua/wali murid," sebutnya.

Sementara, untuk penyerahan Raport jenjang SMP pada tanggal (27/06/2020) untuk kelas VII dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB, sedangkan untuk kelas VIII pada pukul 10.00 WI.

"Khusus untuk Sekolah yang jumlah Rombongan Belajar (Rombel) nya lebih dari 10 Rombel atau lebih, penyerahan Raportnya dilaksanakan pada tanggal (26/06/2020) untuk kelas VII dan tanggal (27/06/2020) untuk kelas VIII," ungkap Faturrahman.

Meskipun ada himbauan dari kadisdik Riau yang mengatakan bahwa penyerahan Raport di Riau akan dilaksanakan menggunakan E-Raport.

"Namun Penyerahan Raport di Inhil masih dilakukan secara langsung yang diwakilkan oleh orang tua/wali murid (Secara manual)
karena Perangkat dan akses daring kita (terutama ortu siswa) belum memadai, apalagi yang di daerah," Jelas Kadisdik Inhil.

Lanjutnya, Kadiskik Inhil mengatakan bahwa untuk saat ini dengan terpaksa dan tetap dengan kewaspadaan dan protokol kesehatan.

"Cuma ada beberapa sekolah yang sedang kami carikan solusinya agar penyerahan raportnya tidak secara langsung karena termasuk kawasan yang agak rawan penyebaran covid-19," terangnya. (Jb)