Kesehatan

Pasien Covid-19 Meningkat, Diskes Riau dan Inhil Gelar Swab Massal

RIAULINK.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau dan Diskes Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dalam beberapa hari ini terus melakukan tes swab massal, menyusul semakin meningkatnya jumlah pasien positif di wilayah itu.

"Hari ini kembali kita melakukan swab massal, dengan dibeck-up Diskes Provinsi Riau. Sedikitnya, ada 200-an orang yang tes swab hari ini,"kata Kadiskes Inhil H Zainal Arifin, Kamis (25/6/20).

Ratusan orang yang di-swab itu papar Zainal, terdiri dari  ODP yang memiliki kaitan erat dengan pasien positif sebelumnya. Hal ini merupakan hasil tracing yang dilakukan pihaknya.

Diantara yang dites itu lanjutnya, hasil kontak pasien positif tenaga kesehatan (Nakes) di RSUD Puri Husada, pasien positif di sel Mapolres Inhil. Kemudian, semua keluarga dekat para pasien positif Covid-19.

Zainal menambahkan, hingga Rabu (24/6/20) jumlah pasien positif di Inhl sebanyak 45 orang. Pasien itu tersebar di 13 kecamatan di Inhil.

"Rinciannya, Kecamatan Tembilahan Kota 5 orang, Tembilahan Hulu 4 orang, Gajah Mada 11 orang, Kuala Lahang 3 orang, Pengalihan Keritang 1 orang, Kuala Enok 5 orang. Kemudian, Kecamatan Sungai Guntung 1 orang, Bekawan 1, Pulau Burung 4 orang, Pelangiran 4 orang, Teluk Balengkong 1 orang, Pulau Kijang 2 orang dan Kecamatan Kota Baru 3 orang,"terang Zainal.

Menurutnya, jumlah pasien positif itu kemungkinan akan terus bertambah. Karena hasil tes swab kemarin itu, baru diketahui hari ini.(Mc)