Sosbud

Tenangkan Karyawan PT Mentari yang Mogok Kerja, Kapolres dan Anggota DPRD Inhu Salurkan Bantuan 

INHU, RIAULINK.COM - Aksi mogok kerja yang digelar karyawan PT Alam Sari yang saat ini berada di bawah naungan PT Mentari Group, mendapat perhatian khusus dari Anggota DPRD dan Kapolres Indragiri Hulu, Riau.

Bertempat di halaman kantor perusahaan yang berada di Desa Paya Rumbai, Kecamatan Seberida, Kapolres Inhu AKBP Efrizal bersama Rosman Yatim dan Taufik Hendri selaku anggota DPRD Inhu, menjumpai para karyawan  tersebut, Rabu (24/6/2002).

Hadir juga di lokasi itu, perwakilan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Inhu, Camat Seberida, Roma Doris, Kapolsek Seberida, AKP Hendri Suparto, dan Danramil Seberida Kapten Inf PT Situmorang serta Kades Paya Rumbai.

Tidak dengan tangan kosong, kedatangan Kapolres Inhu dan dua wakil rakyat Dapil Inhu II itu, membawa buah tangan yang akan dibagikan kepada para karyawan yang menggelar aksi mogok.

Hal itu merupakan bentuk empati mereka terhadap nasib yang diderita para pekerja yang telah tiga bulan lamanya, tidak menerima gaji oleh manajemen perusahaan tersebut.

Bantuan yang diserahkan Kapolres Inhu itu berupa, beras dan mie instan. Begitu juga dengan Anggota DPRD Inhu, Taufik Hendri dan Rosman Yatim. Kedua anggota DPRD Inhu itu, juga membawakan bantuan untuk para karyawan berupa, beras, telur dan minyak goreng kemasan.

"Saya minta para karyawan yang mogok kerja hari ini dapat membubarkan diri secara teratur, dan agar mengikuti protokol kesehatan Covid 19. Terkait hak karyawan yang belum dibayarkan perusahaan, serahkan pada kami dan kami akan menyelesaikan persoalan ini secepatnya," ujar Kapolres.

Saat ini sebut Kapolres, ditengah perencanaan pelaksanaan new normal, di Inhu sudah terdapat satu orang yang dinyatakan positif Covid-19. Maka dari itu, diharapkan semua pihak untuk waspada, dan patuhi protokol kesehatan.

Seperti menggunakan masker saat berada diluar rumah, cuci tangan, dan selalu jaga jarak sosial. "Dengan mematuhi protokol kesehatan ini, tentunya kita telah membantu pemeribdah dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19, dan tentunya kita semua bisa terbebas dari virus tersebut," tutupnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Inhu dari Partai Gerindra Rosman Yatim dalam arahannya menyampaikan bahwa, pihaknya bersama instansi terkait dan Polres Inhu akan segera menuntaskan konflik antara karyawan dan pihak perusahaan tersebut.

"Alhamdulillah, tadi bapak Kapolres sudah menyatakan akan membantu menyelesaikan persoalan ini. Saya harap, para karyawan dapat bersabar hingga batas waktu yang diberikan," ujarnya.

"Atas nama pribadi dan selaku Anggota DPRD Inhu Dapil Inhu II, saya mengucapkan terimakasih atas perhatian Kapolres Inhu dalam memperjuangkan nasib para karyawan ini. Begitu juga dengan bantuan yang dibawa hari ini, dan ini tentunya merupakan bentuk empati Polres terhadap masyarakat," singkatnya.

Bersama dengan itu, Politisi PAN Taufik Hendri dalam arahannya juga menyampaikan hal yang sama."Saya harap para karyawan sekalian, tidak terpancing dengan isu-isu negatif dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Apa lagi isu tersebut akan merugikan diri sendiri," tegas Taufik.

"Sebagai wakil rakyat, kami dan pihak terkait bersama Kapolres Inhu akan memperjuangkan hak para karyawan, maka percayakan pada kami. Terkait bantuan hari ini, tidak akan merubah niat kami untuk membantu rekan-rekan semua. Dan bantuan ini, adalah bentuk keprihatinan kami terhadap karyawan semua," singkatnya.

Mendengar hal itu, wajah para karyawan yang sebelumnya lusuh kembali sumringah, seraya membubarkan diri dengan tertib. Dan sebelumnya, Kapolres Inhu AKBP Efrizal bersama Rosman Yatim dan Taufik Hendri menyerahkan bantuan yang mereka bawa secara simbolis kepada tiga orang perwakilan karyawan.(Jefri)