Kesehatan

Seorang Warga Rohul Dinyatakan Positif Covid-19

ROKANHULU, RIAULINK.COM – Dari hasil Swab tes program Provinsi Riau, Tim Gugus Tugas COVID 19 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), resmi mengumumkan satu warga Rohul dinyatakan positif terinfeksi COVID 19.Senin (22/6/2020) Sekitar Pukul 20 00 WIB

Pengumuman secara resmi 1 warga positf terinfeksi COVID 19, disampaikan Juru bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas COVID 19, Drs.Yusmar.M.Si didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Rohul dr.Bambang Triono dan Direktur RSUD Rohul dr.Novil keterangan resmi di Media Center Tim Gugus Tugas COVID 19 Rohul, Kantor Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Rohul.

“Dari informasi Tim Gugus Tugas Provinsi setelah informasi Tim Gugus Tugas Pusat, satu warga Rohul hasil VCR (pemeriksaan labor setelah diambil Swab), CA (32) warga Kecamatan Rambah dinyatakan positif terinfeksi COVID 19. Kini CA sudah dirawat di ruang Isolasi penanganan COVID 19 RS Surya Insani,” kata Yusmar.

CA dinyatakan positif terinfeksi virus COVID 19 dari hasil swab tes yang dilakukan.

Ditempat yang sama Kadiskes Rohul dr.Bambang Triono, menambahkan dari hasil Swab CA dinyatakan positif terinfeksi virus COVID 19. Awalnya CA terkonfirmasi positif, setelah ada program Provinsi Riau untuk dilakukan tes swab terhadap karyawan dan petugas medis di rumah sakit rujukan penanganan COVId 19.

"Untuk diketahui, bahwa di Rohul ada empat Rumah Sakit (RS) rujukan, dan baru dua RS yang karyawan dan petugas medis dilakuan Swab Test yakni RS Az Zahra Ujung Batu hasil swab tesnya tidak ditemukan positif. Kemudian di RS Surya Insani di Kecamatan Rambah dari 33 yang dites swab satu dinyatakan positif yakni atas nama CA,” kata Bambang.

Selain itu secara rinci, Yusmar juga menyampaikan, semula pihaknya sudah mendapatkan informasi ada pasien postif COVID 19. Namun pihaknya belum bisa memberikan keterangan resmi, sebelum ada informasi dari Tim Gugus Tugas Pusat dan Provinsi.

CA merupakan pasien ke kedua di Rohul yang dinyatakan positif COVID 19, rentang jarak 81 hari dari pasien positif AS warga Rambah yang sembuh dari COVID 19.

Masih menurut Yusmar, AC pasien positif COVID 19 diduga tertular dari Orang Tanpa Gejala (OTG), dan tidak ada riwayat perjalan

“Kita masih mentracking siapa saja yang pernah kontak dengan CA. Kini pasien sudah dirawat di RSUD Rohul. Atasnama Ketua Tim Gugus Tugas Rohul H.Sukiman yang juga Bupati Rohul, menghinbau ke masyarakat agar selalu mentaati protokol kesehatan, dan tidak takut berlebihan,” harap Yusmar.

CA sendiri dinyatan positif hasil swab tes pada  tanggal 21 Juni hasil Swab VCR laboraturium Pekanbaru.

“Kini pasca ditemukan pasien positif, Diskes langsung bertindak cepat denganelakukan tracing contat terhadap orang terdekat dengan pasien positif, yakni anak dna istrinya hasil swab negatif. Kita juga menunggu arahan provinsi, jika ditemukan tambahan pasien di RS Surya Insani hasil Swab susulan karyawan dan petugas medis lagi, maka kemungkinan perawatan pasien positif di akan dilakukan di ruang Islolasi bertekanan negatif RSUD Rohul,” ucap Bambang menambahkan. (HRD)