Lingkungan

Kukerta UNRI Desa Kumantan Bagikan Wadah Cuci Tangan Sederhana

KAMPAR, RIAULINK.COM - Dimasa pandemi Covid-19 saat ini, dibutuhkan kesadaran dan juga kerja sama berbagai pihak dalam mencegah penyebaran dan penularan virus tersebut.

 Seperti apa yang dilakukan oleh  tim pengabdian masyarakat unri Kukerta Desa Kumantan beserta Satgas Relawan Covid-19 Desa Kumantan, Kecamatan Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar, Riau. Dengan membuat wadah air sederhana yang akan disalurkan ke beberapa tempat yang menjadi pusat keramaian di Desa Kumantan.

Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari secara berturut-turut mulai dari tanggal 17-18 Juni 2020. Diawali dengan berdiskusi bersama tim Relawan Desa Kumantan mengenai kegiatan yang akan dilakukan. Selain tim relawan, kegiatan ini juga melibatkan masyarakat Desa Kumantan. 

Partisipasi masyarakat berupa menyumbangkan ember cat bekas yang ada dirumahnya. Setelah terkumpul sebanyak 7 buah ember cat bekas, tim pengabdian masyarakat UNRI mengolahnya menjadi wadah cuci tangan sederhana. 

Pada hari berikutnya setelah mengolah ember cat bekas menjadi wadah tempat cuci tangan sederhana, tim pengabdian masyarakat UNRI menyalurkan kebeberapa pusat keramaian seperti warung, masjid, dan fasilitas umum lainnya. 

Juprizal selaku Ketua Satgas Relawan Desa Kumantan mengatakan, bahwa

 "Kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat membantu dalam usaha memutus rantai penyebaran Covid 19 di Desa Kumantan" Kata Juprizal ketua Relawan Desa Kumantan.

 Disamping itu, Tim Kukerta UNRI relawan desa juga memberikan himbauan kepada masyarakat yang berkumpul agar tetap mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah.

 “kegiatan ini juga sebagai salah satu langkah kita untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar sadar terhadap pentingnya mencuci tangan dimasa pandemi”, ujar Akbar. 

Yati, salah satu penerima wadah cuci tangan sederhana mengatakan bahawa kegiatan ini samgat bermanfaat untuk kami masyarakat.

 “inovasi sederhana  yang dilakukan oleh mahasiswa ini sangat membantu dan juga memberikan pengetahuan tentang cara mencuci tangan yang baik”.