Kesehatan

Jumlah ODP di Rohul Terus Menurun, Positif Nihil

ROKANHULU, RIAULINK.COM - Berdasarkan data Upate dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Minggu (21/6/2020) Pukul 18.23 WIB, jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) yang masih pemantauan terus menurun.

Hari ini jumlah ODP Masih dipantau di Rohul 225 orang, hari ini berkurang 21 orang dibanding dengan hari kemarin, Sementara ODP Selesai Pemantauan/sehat 7.928 orang, dengan jumlah Total ODP 8.153 Orang. Sementara Kasus Postif dan PDP Nol.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Rohul H. Sukiman melalui Jubir Covid-19 (Corona) Rohul Drs Yusmar M.Si, Minggu (21/6/2020) Pukul 18.23 Wib mengaku angka penanganan Covid-19 di Rohul dari hari ke hari terus menurun, hal ini tidak terlepas dukungan dari seluruh komponen dan elemen masyarakat yang disiplin dalam mematuhi Protokol kesehatan.

Ia mengatakan warga yang masuk ODP merupakan orang yang kembali dari luar Rokan Hulu atau warga lain yang datang ke Rokan Hulu dari daerah yang sudah terinveksi Covid-19.

“Dengan rincian keterangan total ODP hari ini adalah 8.153 orang, hari kemarin 8.151 orang, ODP baru bertambah 2 orang. Kemudian ODP di pantau hari ini 225 orang, hari kemarin 246 orang, jadi ODP di pantau berkurang 21 orang. Kemudian ODP selesai di pantau atau sehat hari ini 7.928 orang, hari kemarin 7.905 atau ODP aman bertambah 23 orang,” terang Yusmar

Mantan Kasdisdukcapil Rohul ini mengatakan, Jumlah Pasien dalam pengawasan (PDP) Rokan Hulu hari ini Selasa (16/6/2020) Berdasarkan keterangan Tim Medis, melalui Direktur RSUD Rokan Hulu dan Hasil Rekap Surveilens Penanganan Covid 19, Dinkes Kabupaten Rokan Hulu Tidak ada Penambahan PDP baru.

“Sehingga total PDP berjumlah 59 orang, Dengan rincian Selesai perawatan 59 orang (semua hasil swab Negatif), Masih di Rawat 0 (Nol) dan pasien yang dirawat di RSUD Rokan Hulu 0 (Nol) atau tidak ada,” ujarnya.

Kemudian Pasien status positif 1 (satu) orang telah di nyatakan sehat. Sehingga pasien status positif Covid-19 di Rohul 0 (NOL).

Atas keberhasilan Tim Gugus Tugas menangani Covid-19, dikatakan Yusmar, Kabupaten Rokan Hulu ditetapkan sebagai Kabupaten percontohan penerapan New Normal Covid-19, menuju Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19.

“Semoga kita tetap mendapat perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT, Amin,” harap Yusmar
Jumlah data tersebut, dikatakan Mantan Kadisduk Capil Rohul ini berdasarkan Rekap Surveilens Penanganan Covid-19 Corona RSUD, Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, berasal dari laporan Kepala Puskesmas se Kabupaten Rokan Hulu Dari data seluruh Dokter, Bidan dan Petugas Kesehatan di Kecamatan dan Desa.

Berdasarkan laporan dari WA Group dan dokumentasi serta Video Conference (Vicon) yang disampaikan, Tim Gugus Tugas Covid-19 Corona semua tingkatan di daerah perbatasan, diminta melaksanakan pemeriksaan suhu warga yang masuk ke wilayah Rokan Hulu.

“Selain itu Sosialisasi Pelaksanaan New Normal, dengan tetap berpedoman kepada Protokol Kesehatan (Pakai Masker, jaga jarak, hindari keramaian/berkumpul, cuci tangan dengan sabun/air mengalir,” harapnya.