Lingkungan

Kukerta UNRI Gelar Rapid Test ke Pengunjung dan Pedagang Pasar Koto Tuo Kampar

KAMPAR, RIAULINK.COM - Kukerta UNRI Relawan Covid-19 bersama Tim gabungan yang terdiri dari Tim Medis, polsek, TNI, dan Satpol PP melakukan Rapid Test ke pengunjung dan pedagang pasar di Desa Koto Tuo, Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar, Selasa 16 Juni 2020.

Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UNRI) yang tergabung dalam tim relawan beranggotakan empat orang, yaitu Amelia Anggraini (FKIP), Eliska Fazira (FKIP), Mira Idora (FKIP) dan Herni Chania (FEB) yang tergabung dalam Relawan Covid-19 Desa Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar.

Pemeriksaan Rapid Test tersebut dihadiri oleh Camat, perangkat Desa Koto Tuo, Polsek, TNI dan Satpol PP. Pemeriksaan Rapid Test ini dilakukan Oleh Tim Medis Puskesmas 1 XIII Koto Kampar. 

Rapid Test ini diperioritaskan untuk pedagang serta pengunjung pasar Koto Tuo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui penyebaran covid-19. 

Pihak puskesmas 1 XIII Koto Kampar yang diwakili oleh kepala dokter Puskesmas menyampaikan bahwa. "Pada pagi menjelang siang ini pihak kesehatan akan melakukan screening kepada pedagang dan pengunjung pasar. Test ini bertujuan untuk menentukan ada atau tidaknya hasil rapid test yang reaktif. Apabila ditemukan hasil yang reatif maka harus dilakukan pemantauan lebih lanjut lagi".

Pada pemeriksaan Rapid Test tersebut, sampel yang diperiksa sebanyak 77 sampel. Selain melakukan pemeriksaan Rapid Test, tim gabungan relawan Cobid-19 desa Koto Tuo juga membagikan masker serta penyuluhan cara cuci tangan yang baik dan benar.

Pemeriksaan ini dilakukan pada hari Selasa, 16 Juni 2020 dan berlangsung dari pukul 10.00-13.00 WIB yang bertempat di pasar Koto Tuo.