Sosial

Tim Kukerta Unri Taja Pelatihan E-commerce Guna Pemulihan Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid-19

KAMPAR, RIAULINK.COM - Ekonomi masyarakat semakin merosot selama pandemi covid-19. Kebijakan work from home dari pemerintah membuat masyarakat menghabiskan waktunya dengan berdiam diri di rumah. Namun, dirumah bukan berarti tidak produktif.

 Untuk itu, mahasiswa kukerta relawan desa lawan covid-19 Universitas Riau di Desa Sawah Baru membuat inovasi dengan mengadakan pelatihan E-commerce sebagai bentuk percepatan ekonomi masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan pada Selasa, 16 Juni 2020. Tim Kukerta ini terdiri dari 4 orang mahasiswa yaitu David Ali Hermawan dari Program Studi Teknik Kimia, Daniatul Isra dari Program Studi Pendidikan Biologi, Bahrul Ilmi dari Program Studi Teknik Sipil dan Laura Yasa dari Program Studi Pendidikan Fisika.

Salah satu tim kukerta, David Ali Hermawan dari program studi Teknik Kimia menjadi narasumber dalam pelatihan tersebut. Ia mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian dari timnya untuk membantu masyarakat yang memiliki usaha agar tetap produktif.

 “Sebelum pelatihan ini, kami juga sudah mendata beberapa UMKM yang ada di Desa Sawah Baru. Kami juga membantu masyarakat dalam pembuatan akun onlinenya”

Kepala Desa Sawah Baru, Sofian mengatakan bahwa kegiatan ini sangat membantu usaha-usaha masyarakat.

 “Alhamdulillah, dengan kegiatan ini, masyarakat kita bisa terbantu usahanya dengan mencoba berjualan secara online.
 Harapannya agar usaha yang dimiliki oleh masyarakat dapat lebih berkembang lagi” ungkapnya.