Nasional

KPU Pastikan Data yang Disampaikan Mendagri Bukan Data Siluman

Anggota KPU Pramono Ubaid Tanthowi 

RIAULINK.com - Komisi Pemilihan Umum memastikan 31 juta data penduduk yang disampaikan Dinas Dukcapil Kementerian Dalam Negeri bukan data siluman.  

Anggota KPU Pramono Ubaid Tanthowi menjelaskan, sebelum menyampaikan data tersebut, Kemendagri telah melakukan analisis yakni membandingkan daftar pemilih tetap (DPT) KPU yang diputuskan per 5 September 2018 sebanyak 185 juta dengan daftar potensial pemilih pemilu (DP4) Kemendagri per Desember 2017 yang sebanyak 196 Juta. 

"Dari analisis itu ada 31 juta DPT yang belum klop datanya dengan DP4," katanya di Jakarta, Kamis (13/12). 

Menurut Pramono, setelah mendapat informasi data dari Kemendagri, pihaknya kemudian melakukan pencermatan pada Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) untuk menganalisis dan membandingkan dengan data lain yang ada seperti DP4, DPS, dan DPT. 

Analisis dilakukan secara berjenjang oleh KPU di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota. Juga bersama-sama dengan Bawaslu, Dinas Dukcapil, dan perwakilan partai politik. 

"Hasil analisis itu lalu diturunkan hingga tingkat desa/kelurahan, dicek ke lapangan satu per satu. Jadi dicermati dengan teliti dan bersama-sama. Bukan mengarang-ngarang seperti nyusun cerita pengantar tidur," papar Pramono.