Sosial

Tim Kukerta Relawan UNRI Bantu Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid-19 dengan Pelatihan Budidamber

KAMPAR, RIAULINK.COM - Ekonomi masyarakat semakin merosot selama pandemi covid-19. Kebijakan work from home dari pemerintah membuat masyarakat menghabiskan waktunya dengan berdiam diri di rumah. Namun, dirumah bukan berarti tidak produktif. Untuk itu,  mahasiswa kukerta relawan desa lawan covid-19 Universitas Riau di Desa Sawah Baru membuat inovasi dengan mengadakan pelatihan BUDIDAMBER (Budidaya Ikan dalam Ember).

Kegiatan ini dilakukan pada Selasa, 16 Juni 2020. Tim Kukerta ini terdiri dari 4 orang mahasiswa yaitu David Ali Hermawan dari Program Studi Teknik Kimia, Daniatul Isra dari Program Studi Pendidikan Biologi, Bahrul Ilmi dari Program Studi Teknik Sipil dan Laura Yasa dari Program Studi Pendidikan Fisika.

Salah satu tim kukerta, Daniatul Isra dari program studi Pendidikan Biologi menjadi narasumber dalam pelatihan tersebut. Ia mengatakan antusias dari masyarakat sangat tinggi. 

“Alhamdulillah, banyak warga Desa Sawah Baru yang hadir. Selama kegiatan banyak dari masyarakat yang bertanya dan ingin langsung dibimbing oleh tim kukerta dalam pembuatan BUDIDAMBER ini,” ungkapnya. 

Dalam pelatihan ini, Tim Kukerta membawa langsung model BUDIDAMBER yang telah mereka buat untuk ditunjukkan langsung kepada masyrakat Desa Sawah Baru. Harapannya agar masyarakat tertarik untuk menerapkannya dirumah masing-masing.

Kepala Desa Sawah Baru, Sofian mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat inovatif dan mudah untuk diterapkan dirumah.

"Insyaallah tahun 2021 Desa akan menganggarkan dana untuk pembuatan BUDIDAMBER ini. Kita berharap agar inovasi ini dapat menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat kita," ungkapnya.