Sosbud

Bersama Anak Muda Meranti Masrul Kasmy Dirikan Rumah Al-Qur'an Al-Amin

MERANTI, RIAULINK.COM - Masrul Kasmy bersama Anak-anak muda Meranti sepakat dirikan rumah Al-Qur'an Al-Amin 

Diketahui Riaulink.com, Diselah-selah kesibukannya sebagai Aparatur Sipil Negara, Masrul Kasmy selalu memotivasi para pelajar mahasiswa dan anak muda yang bertemu dengannya dimana saja berada. Kebiasaan ini beliau lakaukan dalam memberikan arahan agar para mahasiswa khususnya anak muda dimasa akan datang kehidupannya lebih baik dan terarah. Tak terkecuali dengan para mahasiswa dan anak muda yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Meranti yang merantau dan mengambil studi perkuliahan di kota bertuah Pekanbaru.

Sabtu, (06/06/2020) sore, Saat ditemui oleh beberapa anak muda dari meranti yang kini berkuliah dan tinggal dipekanbaru menyambangi kediaman Masrul Kasmy dengan membawa ide gagasan untuk mendirikan Rumah Al-qur'an. Sontak langsung disambut baik dan penuh semangat dihadapan para pemuda tersebut.

Maswan Amin, S.sos Anak muda dari teluk belitung bersama temannya Rizki Rahmawan dan Syahrizan saat mendiskusikan tentang ide dan gagasannya untuk mendirikan rumah al-qur'an bersama  Drs. H. Masrul Kasmy, M.si saat ditemui awak media menceritakan motivasinya karena ingin membuat semua orang Bahagia bersama Al-qur'an.

"Dengan dilatar belakangi kerisauan kita melihat kondisi generasi muda penerus bangsa saat ini khususnya generasi muda islam yang mulai banyak tidak pandai membaca Al-Qur'an, tidak memahami isi kandungan kitab sucinya sehingga kehidupan mereka tak tentu arah," ucap Maswan.

Dari itu ia dan rekan-rekannya berdiskusi dengan Drs. H. Masrul Kasmy, M.si yang pernah memimpin meranti sebagai wakil bupati Kepulauan Meranti. Beliau merespon positif. Bahkan siap menjadikan rumahnya sebagai tempat untuk Rumah Qur'an Al-Amin nantinya. Ini suatu kebanggan bagi pihaknya karena hal itu didukung penuh oleh sosok Masrul.

"Jarang kami temukan tokoh yang luar biasa seperti beliau", kata Maswan lagi.

Dengan Visi melahirkan generasi islami yang cinta Al-Qur'an serta mengamalkan nilai-nilai Qur'ani dalam kehidupan sehari-hari Rumah Qur'an Al-Amin juga konsentrasi akan meningkatkan keimanan para santri kepada Allah Swt dengan menjalankan sunnah Rasulullah Saw, Menumbuhkan kebiasaan santri dalam membaca, menghafal dan memahami isi Al-qur'an.

"Semoga kelak generasi penerus hidup bahagia bersama Al-qur'an dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupanya" Imbuh Maswan Amin.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh maswan amin. Saat Masrul Kasmy diwawancarai tentang Rumah Quran tersebut beliau menyampaikan bahwa tujuan rumah qur'an sebagau lembaga pendidikan dan pengajaran Al-qur'an secara menyeluruh, intensif untuk menciptakan generasi yang Qur'ani.

"Alhamdulillah saya menyambut baik ide dan gagasan anak muda Meranti yang menjelaskan tentang rencana rumah Quran dengan progran Iqra, Tahsin, tartil, tahfidz, tilawah bahkan program belajar bahasa arab. Karena semua tujuan dan niat baiknya untuk menguatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan pemahaman Aqidah yang benar," tutur Masrul.

Masrul melihat dengan akan didirikan Sehingga hal itu mesti melahirkan akhlah yang baik sesuai tuntunan islam. Secara otomatis Anak-anak muda yang belajar Kitab suci akan berbakti kepada orang tuanya berguna bagi dirinya, agama, keluarga dan lingkungan sekitarnya.

"Semoga dengan langkah-langkah kecil yang kita lakukan ini akan bernilai ibadah dan bermanfaat memberikan sumbangsih bagi lingkungan sekitar. Dan tentu harapannya akan berdampak positif bagi lingkungan luas nantinya". Tutupnya. (Aldo)