Metropolis

Sepekan Sudah Tim Gabungan Gugus Tugas Inhil Perketat Penerapan Disiplin Kesehatan Covid-19

INHIL, RIAULINK.COM - Memasuki sepekan, Kodim 0314/Inhil bersama tim gabungan penegakan disiplin kesehatan Covid-19 terus memperketat penjagaan dan patroli serta melakukan sekat jalan dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Sabtu (06/06/2020). 

Tiap tiap pos juga melakukan patroli di sekitaran sektor dan wilayah tanggung jawab pos masing masing secara bergantian untuk mengecek sejauh mana tingkat kesadaran masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. Selain melakukan pengecekan suhu tubuh dan mendata setiap orang yang masuk, tim gabungan juga menyuruh setiap pengunjung untuk cuci tangan saat akan melakukan sesuatu.

Sebelum pelaksanaan patroli, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal melalui Pasi Ops Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Tarmizi menyampaikan dalam apel pagi, sudah memasuki sepekan penerapan penegakan disiplin ini, tingkat kesadaran masyarakat khususnya di wilayah kota Tembilahan sudah mulai meningkat, namun masih ada beberapa masyarakat yang tidak mengindahkan penggunaan masker dan menjaga jarak aman. 

"Maka dari itu, saya perintahkan kepada seluruh pos pos agar jangan pernah bosan melakukan patroli dan memberikan himbauan kepada masyarakat," ujar Pasi Ops. 

Kapten Inf Tarmizi melanjutkan, sampai saat ini, petugas masih ada menemukan satu sampai dua orang yang masih tidak menggunakan masker namun setelah kita stop dan diberikan arahan. 

"Bagi masyarakat yang tetap mengindahkan aturan ini, maka kita akan sanksi seperti putar kanan atau kita arahkan untuk membeli masker terlebih dahulu. Kita sebagai aparat harus bertindak humanis dan sopan terhadap masyarakat, sehingga apabila melihat aparat  mereka menjadi segan dan malu tanpa ditegur jika tidak menggunakan masker," jelas Pasi Ops. 

Terpantau, sebagian besar masyarakat kota Tembilahan sudah patuh dan mentaati peraturan yang sudah di tegakan.

"Untuk itu saya berharap kepada seluruh anggota tim yang tergabung dalam penegakan disiplin agar tidak pernah kendor dan bosan untuk terus lakukan patroli dan sosialisasi serta berikan contoh yang terbaik buat masyarakat kita," tuturnya. 

Pasi Ops juga menjelaskan, untuk patroli penertiban hari selanjutnya akan dilakukan penyekatan di ruas titik berbeda sebagai upaya pemekaran dari penertiban patuh protokol Covid-19. 

"Selain melakukan patroli dan penjagaan di pos pos yang telah dilakukan sebelumnya, penyekatan jalan yang semula dilaksanakan di wilayah Jalan M Boya, akan kita perluas dan kita cobakan kedepannya seperti di Jalan H Said hingga perempatan simpang Jalan Gunung Daek, Jalan Batang Tuaka, Jalan Soebrantas, dan jalan-jalan lain di kota Tembilahan," tandasnya.

Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal dengan di dampingi pasi ops Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Tarmizi juga melaksanakan peninjauan pos pos di wilayah kota Tembilahan yang sedang melakukan penjagaan dan penegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19.