Metropolis

Minggu Depan Pelabuhan Sei Duku Kembali Dibuka, Kapasitas Penumpang Dibatasi

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Minggu depan pelabuhan Sei Duku Kota Pekanbaru kembali dibuka. Langkah ini diambil setelah kabupaten/kota di Riau tidak memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Insya Allah tanggal 8 nanti sudah kita buka keberangkatan kapal," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso, Kamis (4/6/2020).

Yuliarso menyebut, meski kembali dibuka, bukan berarti aktivitas bebas seperti sebelum ada wabah Virus Corona atau Covid-19. Seluruh aktivitas di pelabuhan nantinya tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Akan dibentuk juga nanti tim khusus dari berbagai pihak, seperti Diskes, KKP, TNI/ Polri dan lainnya dalam gugus tugas untuk memantau aktivitas pelabuhan," jelasnya.

Pengawasan juga bekerja sama dengan operator dan beberapa agen di pelabuhan. Ia mencontohkan, Kapal Jelatik yang kapasitas normalnya 200, dikurangi menjadi 100 penumpang. Artinya, pengelola angkutan hanya boleh mengisi 50 persen dari hari normal.

Ia juga menjelaskan, transportasi air yang akan memulai aktivitas keberangkatan, adalah Naga Line, Meranti Ekspres, dan Kapal Motor (KM) Jelatik Ekspres. Namun, untuk Senin depan, baru KM Jelatik yang sudah mengkonfirmasikan kesiapan untuk beroperasi.

"Namun diwaktu H-2 nya kita juga akan melakukan sosialisasi kepada operator angkutan di pelabuhan," jelasnya.