Metropolis

Hasil Rapid Test, Pedagang Pasar Senggol Negatif Corona

DUMAI, RIAULINK.COM - Sebanyak 200 pedagang di Pasar Senggol sudah mengikuti rapid diagnostic test (RDT) pada Selasa, 2 Juni 2020 lalu.

Alhasil, tidak ditemukan laporan adanya pedagang yang reaktif Virus Corona.

Hal itu disampaikan oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai, dr Syaiful kepada wartawan, Rabu (4/6/2020).

Dirinya mengaku memang secara keseluruhan belum dilakukan rapid test karena keterbatasan waktu. "Namun kegiatan ini kami lakukan secara bertahap kepada seluruh pedagang pasar tradisional di Dumai,"tutur dia menerangkan.

"Sebab kita sudah menyiapkan 1.000 alat rapid test kepada seluruh pedagang tradisional di Dumai,"ujarnya lagi.

Ini dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui sedini mungkin gambaran penyebaran Covid-19 di Dumai pada cluster pasar ini. 

"Tentunya demi mencegah penambahan kasus baru. Apalagi jika sampai ada yang positif, akan cukup sulit ditelusuri kontak langsung antar pedagang dan pembeli,  karena belum tentu semua pedagang saling kenal,"terang dia.

Namun ia berharap, agar tidak ada penambahan kasus baru di cluster pasar ini. "Untuk itu pedagang diminta untuk mengikuti anjuran pemerintah seprti social distancing, menggunakan masker, sarung tangan dan jaga pola hidup sehat,"tukasnya.(Kll)