Metropolis

Bansos BLT-DD di Perpanjang Hingga 3 Bulan Kedepan

Ilustrasi. Int

INHIL, RIAULINK.COM - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengubah beberapa ketentuan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) berupa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

Kebijakan ini, tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua atas 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Adapun beberapa ketentuan yang diubah adalah dokumen persyaratan penyaluran dana desa tahap I dan tahap II, besaran nilai manfaat yang diberikan, serta jangka waktu penyaluran bansos.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Budi N Pamungkas saat di konfirmasi Riaulink.com , Rabu (03/06/2020) membenarkan adanya penambahan waktu dan Besaran nilai manfaat BLT-DD yang diberikan.

"Iya, Sesuai keputusan Kemenkeu, BLT Dana Desa semula 3 bulan, yakni April, Mei Juni, ditambah 3 bulan selanjutnya yakni Juli, Agustus, September.

Lanjutnya, Perpanjangan BLT ini menggunakan anggaran Dana Desa yang tersisa. Tetapi besaran nilainya tidak sama dengan BLT dibulan pertama,Kedua dan ketiga.

"Jadi, total seluruhnya ada 6 bulan. Jika pada periode 3 bulan pertama penerima bantuan menerima dana sebesar Rp600 ribu per bulan. Maka di 3 bulan kedua dana yang diterima yakni sebesar Rp300 ribu per bulan," sebutnya.

Terakhir, Budi N Pamungkas menyarankan kepada kepala desa untuk penyaluran BLT DD merujuk pada SK Bupati Nomor: Kpts.402/V/ HK 2020 Tentang Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) secara Non Tunai di Kabupaten indragiri Hilir.

"Agar pelaksanakan penyaluran lebih baik, efektif dan efisien serta dapat dibantu melalui Dinas PMD pembukaan rekeningnya dengan mudah sesuai protokol kesehatan desa melawan covid-19," Jelasnya. (Jb)