Metropolis

Dumai Siap Menuju New Normal Life

Keterangan foto : Wali Kota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah

DUMAI, RIAULINK.COM - Dumai merupakan salah satu dari 25 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia yang akan dijaga oleh personil TNI dan Polri.

Hal ini berdasarkan instruksi dari Presiden RI Joko Widodo demi menuju new normal life (tatanan kehidupan baru).

Dimana pasukan TNI/Polri dikerahkan sebanyak 340 ribu yang tersebar di 1.800 titik penjagaan, dan dimulai pada Selasa, 26 Mei 2020 lalu.

Tujuannya dalam rangka mendisiplinkan, lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan sesuai PSBB yang digelar di empat provinsi yakni Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat dan Gorontalo.

Dan 25 kabupaten dan kota di antaranya Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Siak, Kampar, Pelalawan dan Bengkalis (Provinsi Riau).

Kemudian Kota Palembang dan Kota Prabumulih (Provinsi Sumatera Selatan), lalu Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang (Provinsi Jawa Barat).

Selanjutnya Kota Tegal, Kota Surabaya, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Gresik, Kabupaten Malang dan Kabupaten Sidoarjo (Provinsi Jawa Timur)

Kota Palangkaraya dan Kota Tarakan (Provinsi Kalimantan Tengah), Kota Banjarmasin, Kota Banjar Baru dan Kota Banjar, Kabupaten Bariton Kuala (Provinsi Kalimantan Selatan). Terakhir Kabupaten Buol (Provinsi Sulawesi Tengah).

Dimana tugas dari pasukan TNI/Polri ini akan mengatur kapasitas tempat-tempat publik supaya diisi hanya setengah pengunjung.

Para personil mengawasi masyarakat agar tetap memakai masker, dalam berkegiatan harus tetap menjaga jarak aman, dan tetap mencuci tanga atau menggunakan hand sanitizer.

"Dengan apa yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, kita selaku masyarakat Dumai siap melaksanakannya,"ucap Wali Kota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah kepada wartawan, Kamis (28/5/2020).

New normal life tersebut agar bisa menjaga produktivitas masyarakat, namun tetap aman dari paparan Covid-19.

Ia yakin dan percaya bahwa dengan bergandeng dan bekerja sama serta saling bahu-membahu antar seluruh komponen masyarakat di Dumai, semua situasi yang penuh tantangan ini dapat dilalui dengan baik.

Bagi dia ini semua tak lepas dari bantuan TNI/Polri dan pelaksana protokol kesehatan ke depannya yang dilakukan secara ketat.

"Untuk itu tetap pakai masker saat berada diluar rumah ya, cuci tangan pakai sabun dan tetap perhatikan jarak aman (sosial distancing) saat berada di luar rumah,"pesanny mengakhiri.Kll