Kesehatan

Gegara Mudik, PDP Covid-19 di Rohil Bertambah 5 Orang

ROKAN HILIR, RIAULINK.COM - Tingginya mobilisasi masyarakat, baik yang datang maupun keluar Rokan Hilir, menyebabkan kenaikan angka orang dalam pemantauan (ODP). Secara kumulatif, ODP di Rohil sebanyak 8.629 orang, yang selesai pemantauan sebanyak 7.300, dan dalam proses pemantauan 1.332. Untuk PDP sendiri berjumlah 5 orang. 

"Bertambah angka secara kumulatif tersebut karena masyarakat datang dari beberapa daerah yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai terjangkit atau transmisi lokal," kata Jubir Gugus Tugas Covid-19 Rohil, Ahmad Yusuf didampingi Kasubag Dokpim Hasnul Yamin, Kamis (28/5/2020).

Ahmad Yusuf menyebutkan, sementara untuk PDP sendiri totalnya secara kumulatif saat ini berjumlah 45 orang dengan 46 kali kunjungan, di antaranya 34 orang PDP hasil swab negatif dan sudah pulang dari isolasi atau dari ruang perawatan. Kemudian 5 orang PDP masih dirawat dan menunggu hasil swab. Limaorang tersebut berasal dari Kecamatan Tanah Putih Sendinginan, Sinaboi, Tanah Putih Tanjung Melawan, dan Bagansiapiapi.

"Kemudian 6 orang pernah kami sampaikan meninggal dengan hasil swab terkonfirmasi negatif. Nah inilah beberapa kondisi dan PDP di Rokan Hilir, kita melihat bahwa amalan yang dilakukan oleh teman-teman yang berada di jajaran gugus tugas ini sudah maksimal, sehingga kalau kita melihat langsung baik di pos perbatasan yang ada di Rantau Bais maupun di pos yang ada di Pedamaran, bagaimana kawasan tersebut, ini merupakan langkah antisipasi yang dilakukan oleh petugas gugus tugas untuk meminimalisasi potensi terjadinya penularan Covid-19 di Rokan Hilir," paparnya.

Dia mengatakan, Rokan Hilir sampai hari ini masih dalam kategori zona hijau Covid-19. Namun beberapa hari terakhir ada peningkatan PDP. 

"Apa yang dilakukan oleh teman-teman kita tahu ini hanya screenung untuk menentukan bagaimana antibodi kita bekerja pada saat mereka reaktif, itu menandakan bahwa di dalamnya sudah ada virus mungkin virusnya virus influenza mungkin virusnya virus yang lain karena banyak keluhan macam virus ada yang bisa menyerang tubuh kita, jadi tidak selalu Covid-19," ujarnya. 

"Alhamdulillah yang sudah keluar hasilnya semuanya dikonfirmasi negatif. Kelima orang tersebut sedang diisolasi di rumah sakit," jelasnya. 

Ahmad Yusuf berharap, dengan kondisi ini masyarakat tetap menerapkan protokolnkesehatan untuk mempertahankan Rohil zona hijau dan zero Covid-19. 

Lanjut Ahmad Yusuf, Rohil masih tersisa di Provinsi Riau sebgai kabupaten yang belum ada kasus positif Covid-19.  Untuk itu, dia meminta masyarakat menghindari kerumunan guna mengantisipasi penularan Covid-19. 

"Sementara untuk PDP sendiri totalnya secara kumulatif pada saat ini berjumlah 45 orang dengan 46 kali kunjungan, di antaranya 34 orang PDP hasil negatif dan sudah menyatakan selesai atau dari ruang perawatan kemudian 5 orang PDP masih dirawat dan menunggu hasil swab. (Dgt)