Peristiwa

Muncul Gejala-gejala Langka Virus Corona

RIAULINK.COM - Eropa dan Amerika Serikat mendapat lonjakan tajam dalam beberapa pekan terakhir karena gangguan kekebalan parah pada anak-anak terkait dengan Covid-19.

Otoritas kesehatan mengungkapkan paling tidak lima anak, tiga anak di New York, Prancis, dan Inggris meninggal karena sindrom tersebut, dan setidaknya dua kematian lainnya.

Mengutip AFP, penyakit baru ini semakin menunjukkan beragam gejala langka atau gejala yang tak umum karena penyakit ini.

Dokter di Bergamo, Italia utara melaporkan peningkatan 30 kali lipat dalam kejadian gangguan peradangan parah di antara anak-anak yang dimuat dalam studi di The Lancet.

"Laporan awal berhipotesis bahwa sindrom ini mungkin terkait dengan COVID-19," kepala Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pada briefing virtual pada hari Jumat, meminta dokter di seluruh dunia untuk membantu "lebih memahami sindrom ini pada anak-anak."

Para ahli berspekulasi bahwa virus memicu respons kekerasan dalam sistem kekebalan tubuh, menyebabkannya berbalik, bukannya melindungi, jaringan dan organ anak-anak yang terkena dampak.

"Mereka memiliki virus, tubuh itu melawannya sebelumnya," Sunil Sood, seorang dokter anak di Pusat Medis Anak Cohen di New York, mengatakan kepada AFP.

"Tapi sekarang ada respons imun yang tertunda dan berlebihan ini."

Gejala langka virus corona

Mengutip National Geographic, infeksi dapat menyebabkan kerusakan serius di dalam tubuh Anda dengan berbagai cara, dan COVID-19 tampaknya menggunakan hampir semuanya. Virus corona terutama menyerang paru-paru, yang dapat menyebabkan pneumonia atau bahkan kegagalan pernapasan, dan pada satu dari setiap lima pasien, itu juga menyebabkan kegagalan banyak organ.

1. Kemungkinan infeksi jantung
Di luar paru-paru, virus corona baru tampaknya menimbulkan kerusakan di jantung, dengan satu dari lima pasien COVID-19 mengalami cedera jantung, menurut sebuah penelitian baru-baru ini di China.

Jantung memompa darah ke seluruh tubuh, memasok organ dengan oksigen dari paru-paru.  Jika virus menyerang paru-paru, mereka menjadi kurang efisien dalam memasok oksigen ke aliran darah.

Jika virus menyerang paru-paru, mereka menjadi kurang efisien dalam memasok oksigen ke aliran darah.

2. Pembekuan darah misterius
Bagi banyak pasien, COVID-19 menyebabkan banyak pembekuan dan dalam jumlah yang tidak biasa.

Lebih dari 160 tahun yang lalu, seorang dokter Jerman bernama Rudolf Virchow merinci tiga alasan pembekuan darah yang abnormal dapat terjadi. Pertama, jika lapisan dalam pembuluh darah terluka, mungkin karena infeksi, ia dapat melepaskan protein yang memicu pembekuan.

Kedua, gumpalan dapat terbentuk jika aliran darah menjadi stagnan, yang kadang-kadang terjadi ketika orang di ranjang rumah sakit tidak bisa bergerak terlalu lama. Akhirnya, pembuluh darah dapat mengembangkan kecenderungan untuk menjadi berantakan dengan trombosit atau protein sirkulasi lain yang memperbaiki luka - yang biasanya terjadi pada penyakit bawaan tetapi juga dapat dipicu oleh peradangan sistemik.

"Saya pikir kami memiliki bukti bahwa ketiganya memainkan peran dalam COVID," kata Adam Cuker, seorang profesor kedokteran di Rumah Sakit Universitas Pennsylvania yang berspesialisasi dalam gangguan pembekuan darah.

Badai sitokin juga dapat memperburuk kondisi inflamasi yang menyumbat arteri, seperti plak lemak di belakang aterosklerosis - karenanya mengapa penyakit kardiovaskular yang sudah ada sebelumnya berkorelasi dengan COVID-19 yang parah.

3. Stroke yang tidak terduga
Peningkatan pembekuan ini dapat menjelaskan mengapa pasien COVID-19 muda tanpa faktor risiko jantung menderita stroke, yang biasanya menyerang otak orang tua. Meskipun mengejutkan melihat stroke pada orang muda, stroke mungkin harus diharapkan mengingat bahwa koneksi juga diamati selama wabah SARS 2002-2003, sebuah virus corona terkait.

4. Ruam
"Beberapa orang bahkan berpendapat bahwa apa yang kami lihat adalah ruam selama COVID-19, tetapi tidak harus ruam yang terkait dengan COVID-19," kata Kanade Shinkai, profesor dermatology dari University of California, San Francisco.

"Itu adalah misteri besar dan pertanyaan ilmiah besar yang masih perlu dijawab."