Riau

Rohil dan Kuantan Singingi Daerah Bebas Dari Penularan Positif Covid-19

RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengatakan bahwa di Provinsi Riau ada dua daerah dikategorikan tidak terjadi penularan positif Covid-19, yakni Rokan Hilir (Rohil) yang hingga saat ini tidak ada kasus Positif dan Kuantan Singingi (Kuansing) yang sudah dicatat oleh gugas tugas pusat.

"Tadi sudah direkomendasikan oleh Menteri Perekonomian, dan saya juga sudah minta izin dengan ketua gugus tugas pusat, agar kiranya ditambahkan lagi yaitu Kabupaten Rokan Hulu," kata Syamsuar saat Video Conference bersama Ketua gugus Tugas Nasional, di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (21/05/2020).

Syamsuar menjelaskan di Rokan Hulu yang Positif Covid-19 terdapat satu orang tetapi setelah sembuh yang sudah lebih hampir dua bulan dan kabupaten Rokan Hulu masih bisa mempertahankan sehingga tidak terjadi penambahan kasus positif.

"Jadi karna itu kami memasukan lagi satu kabupaten yang sampai saat ini bisa mengatasi pengembangan dan penularan Covid-19 sehingga di Riau ada tiga Daerah aman dari penularan," kata Syamsuar.
Disamping itu juga Kuantan Singingi juga sebelumnya terdapat kasus positif yang kemudian sembuh dan mampu mempertahankan sehingga tidak terjadi perkembangan penularan dan Rokan Hilir sama sekali tidak ada penyebaran kasus Positif Covid-19.

"Hingga saat ini Rokan Hilir tidak ada yang Positif Covid-19, hal ini terjadi karena petugas tentunya melaksanakan pengawalan dan pengawasan, baik ODP dan PDP serta pengawalan ketat di daerahnya masing masing," kata Syamsuar.

Tambahnya, dengan membuat cek poin cek poin, untuk menjaga wilayahnya dari orang yang keluar masuk di wilayahnya, dengan begitulah keberhasilan kepala daerah hingga saat ini bisa menekan penularan Covid-19.

"Mudah-mudah bisa mempertahankan dan kami siap untuk menjalankan amanah kebijakan dari Gugus Tugas Pusat," kata Syamsuar.

Syamsuar juga mengatakan di daerah terinfeksi ada juga kecamatan-kecamatan dan desa-desa yang lebih aman, tentunya menjadi perhatian kepala daerah untuk berlomba-lomba baik mempertahankan protokol kesehatan sekaligus menjaga dari perkembangan penularan Covid-19. (MCR)