Peristiwa

Harimau Sumatera Mati Terjerat di Minas Barat

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Seekor harimau Sumatera ditemukan mati di kawasan konsesi HTI PT AA di daerah Desa Minas Barat, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, pada Senin (18/5/2020) kemarin.

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau Suharyonono mengatakan, Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau diberangkatkan untuk melakukan penyelamatan satwa Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di area konsesi PT. Arara Abadi, Desa Minas Barat. 
 
"Berawal dari laporan Humas PT Arara Abadi kepada Balai Besar KSDA Riau  bahwa ada seekor Harimau Sumatera yang terjerat di area konservasi Distrik Gelombang," kata Suharyono.

Pihak PT Arara Abadi pertama kali mendapat laporan dari Kepala Desa Minas Barat yang di beritahu oleh masyarakat yang sedang mencari ikan di sekitar lokasi. 

"Saat tiba di lokasi ditemukannya Harimau Sumatera tersebut sudah dalam kondisi mati dengan kaki depan kanan terjerat," jelas Suharyono.

Menurut keterangan dari PT Arara Abadi dan sumber sumber lainnya bahwa Harimau tersebut diperkirakan sudah terjerat sekitar  dua minggu sehingga memperparah luka yang ada di kakinya. 

"Tim segera melakukan evakuasi terhadap Harimau sumatera berjenis kelamin jantan tersebut dan membawanya ke kantor Balai Besar KSDA Riau untuk neukropsi sebelum di kuburkan," pungkasnya. (WAN)