Serambi islam

'Nasib' Jamaah Haji Riau Ditentukan Pekan Ini

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama, akan menginformasikan kepastian keberangkatan jamaah haji Indonesia termasuk Riau pada musim haji tahun ini kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Rencananya kepastian itu akan disampaikan pekan ini juga.

"Informasi yang kami dapat, kepastian keberangkatan jamaah haji akan disampaikan antara tanggal 20 atau 21 Mei besok," kata Asisten 1 sekretariat daerah provinsi Riau, Ahmad Syah Harofie.

Lebih lanjut dikatakannya, nantinya pemerintah pusat melalui Kementerian Agama akan memberikan informasi kepastian keberangkatan jamaah haji kepada gubernur Riau sebagai wakil pemerintah pusat di daerah. 

"Kalau nantinya jadi keberangkatan jamaah haji, maka persiapan akan langsung dilanjutkan. Kalau tidak tentunya akan ada opsi-opsi yang sudah disiapkan pemerintah pusat," sebutnya.

Terkait Embarkasi, dikatakan Ahmad Syah bahwa Riau telah menerima SK EHA Riau tahun ini. Dengan demikian, Pemerintah provinsi Riau akan bertanggung jawab terhadap pelayanan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Provinsi Riau dari bandara embarkasi haji antara Riau ke bandara embarkasi dan debarkasi haji Batam.

"SK penetapan EHA ini untuk kedua kalinya kita dapatkan, setelah pada musim haji tahun lalu Riau juga mendapat EHA," ujarnya. (mc)